My Man

Ia sosok manusia yang aneh, unik, tetapi punya tempat tersendiri. Manusia cerdas tanpa aturan tapi selalu bisa menemukan posisi ternyaman di mana pun dia hidup. Ia lakukan apa saja yang ia suka. Hidup seakan tak begitu menyusahkannya.

Bagaimana kumelihatnya mungkin berbeda dengan mata lain yang melihatnya. Sejak awal aku heran dengan hal itu. Tapi itulah yang membuat semua ini menjadi istimewa, karena perbedaan itu. Kekagumanku berbeda dengan kekaguman mereka.

Sebelum aku menyebutkan yang sebenarnya kurasakan, ia seakan tahu isi perasaanku. Perasaan sebagai seorang manusia. Takut, khawatir, membutuhkan bantuan, kesepian, tak tenang, dan lainnya. Ada sonar yang mungkin baru dia yang bisa menangkap dan mengartikannya dengan jelas dan tepat seperti yang kuharapkan.


Kami tak sering bertemu, jarang malah. Tapi kami selalu bertemu di satu masa dengan durasi yang panjang, menumpahkan stok kisah dan pergumulan hidup masing-masing yang sudah tertabung. Ia sosok yang selalu kucari untuk masalah macam itu. Mencoba menerka apa yang sebenarnya terjadi. Mengandaikan langkah kami selanjutnya.

Kadangkala saat aku bermasalah, tak selalu sebuah jalan keluar yang meluncur dari mulut seseorang lah yang aku butuhkan. Tapi kehadirannya di sampingku, menatap tajam mataku, dengarkan ceritaku, menyimaknya dalam diam, ya semua bahasa nonverbal itu sangat melegakan dan membuatku tenang. Kami tak selalu tahu harus menapak seperti apa, tapi setidaknya saat itu, beban berat di pundakku diangkatnya dalam diam. Dibantunya mengangkat beban itu, dan menemaniku melangkah, ke arah yang tak tahu benar salahnya. Namun, seandainya salah pun, ada dia menemani bukan?

Aku tak lemah, kurasa ia sangat tahu itu. Tapi aku tak sekuat itu, dan kurasa ia juga tahu itu. Bukan hanya tahu tapi paham. Entah bagaimana pemahaman itu terbentuk. Semuanya mengalir begitu saja seketika setelah chemistry itu kutemukan bertahun lalu. Dan aku tak meminta dunia sekitarku memahami ini lalu kemudian mengganggu. It’s just part of us so let it be like this.

Bagaimana rupa air mataku, ia sudah tahu. Aku tak perlu bersandiwara menutupi kebodohan diri. Kesalahan dan penyesalan diri pun tak terbungkus di hadapannya. Tanpa perlu ada ucapan kalimat pengakuan atau permohonan tetapi tindakan nyatanya menjawab dan membuktikan nilai relasi ini.

Aku tak takut dicaci maki, asal bersamanya aku tahu ia yang akan maju membelaku. Aku tak takut ada yang menjahatiku, asal bersamanya aku tahu ia melindungiku. Just like my guardian. Setidaknya itulah dia di mataku. Sweet? Probably no. Gentle? Absolutely yes!


Am I grateful for that? Yes, definitely! Entah mengapa hidup hanya memberiku waktu singkat tapi “dalam” dengannya. Kesibukan kah alasannya? It could be, bagaimanapun kami punya hidup masing-masing. Tapi aku masih selalu bisa menemukannya. Guardianku pun selalu tahu kapan saatnya menjagaku.

Bagaimana guardianku melihatku? Seberapa lama gelar itu bertahan untuknya? Let time prove it but hopefully it will last, without hurting anyone else around us.

You pick me up when I fall down. You ring the bell before they count me out. If I was drowning you would part the sea. And risk your own life to rescue me.. Bon Jovi – Thank You For Loving Me

Who is it? It’s “my man” !


©BG|271110|1:25AM

10 Comments (+add yours?)

  1. bram
    Dec 22, 2010 @ 10:09:10

    nice guardian yak..hahahahahahahak..:D..nice story to tell..:)

    Reply

  2. valen-cia
    Nov 28, 2010 @ 23:58:13

    btw, u inspire me to write my version. hahaha.. so long, i don’t have courage to write and describe ‘him’ directly, just like u did. thank u be! 😀

    Reply

    • BeBe Gunawan
      Nov 29, 2010 @ 09:56:31

      It’s not easy Len. I ever wanted to erase this, the morning when I woke up. But the electricity is off, no inet connection. It’s too late then haha.. Actually the reason why is just: this is part of my life’s story so for everything that’s good and meaningful to me, I’ll write it down. Lil bit mysterious, still. Isn’t it? 😛

      Reply

      • valen-cia
        Nov 29, 2010 @ 17:57:12

        good point, good argument, or reason, or whatever! haha write anything good and meaningful in our life. 😀 kupake juga ah alasan itu..
        yeah, this kind of story always leave a piece of mystery. so let’s dancing with that! 😀

        Reply

  3. valen-cia
    Nov 28, 2010 @ 23:55:30

    wow wow wow.. just simply wanna say, i do know how that feels. 😀
    gud luck with ur guardian ya be. keep updating us!

    Reply

  4. Ria Suryatriyastuti
    Nov 27, 2010 @ 16:27:35

    ehh, ini tak pikir maksudnya my Man loh, the Lord
    ternyata seorang manusia yaa?

    Reply

  5. yohana ivone
    Nov 27, 2010 @ 07:28:01

    Aaww…pagi2 buta nulisnya ttg ini toh…sounds he is the most perfect man in your eyes ya beib…heehehehhe.. Maju terus be n catch your dream come true..!Muach.. :*

    Reply

Leave a comment

www.widiantigunawan.wordpress.com