Mengetik “10 Jari”

Mana yang lebih mudah, mengetik di keyboard komputer dengan “11 jari” atau “10 jari”?


Salah seorang mentorku membagikan filosofi yang ia ingin aku terus pegang dalam hidup.

Mengetik 11 jari adalah istilah yang dipakai untuk cara mengetik menggunakan telunjuk kiri dan kanan. Begitu banyak orang awam yang dengan mudah bisa langsung mengetik cepat. Kedua telunjuk berlarian di permukaan keyboard. Keduanya bergantian mencari tombol huruf sesuai perintah otak. Mengetikkan huruf demi huruf baik ketika mengarang maupun menyalin ulang.

Sementara mengetik 10 jari adalah istilah untuk cara mengetik dengan menggunakan sepuluh jari tangan yang kita miliki. Kelingking hingga ibu jari, kanan dan kiri, semua mendapatkan tugas yang sama menggarap berbagai tombol di keyboard. Jelas susah bagi orang awam yang baru bertemu keyboard. Setiap jari memiliki pembagian tugas untuk beberapa tombol. Kelingking yang kecil pun harus bergerak ke sana kemari, ke atas dan ke bawah. Setiap jari jadi harus membiasakan diri.


Mana yang lebih mudah, mengetik dengan “11 jari” atau “10 jari” ?

11 jari.

Dengan cara “11 jari”, saat pertama kali kau berkenalan dengan keyboard, sudah langsung bisa mengetik. Tak hanya itu, bahkan lebih cepat hasilnya daripada mengetik dengan “10 jari”.

Tapi, setelah beberapa waktu, mana yang lebih nyaman, mengetik dengan “10 jari” atau “11 jari”? Mana yang lebih efektif?

10 jari.

Tak perlu lagi bergantian melihat tombol keyboard dan layar atau buku yang harus disalin. Setiap jari sudah hafal letak jangkauan dan cakupannya. “11 jari” tidak berarti buruk karena akan tetap bisa mengetik seperti beberapa petugas kepolisian yang mengetik demikian dengan mesin ketik. Namun, bila kau sudah bisa “10 jari”, semua akan lebih mudah nyaman dan bisa lebih cepat.


Bertahanlah bila engkau sedang merasa sulit dan belum bisa seperti mereka yang bekerja dengan cara mengetik “11 jari”. Karena engkau harus menjadi orang yang mampu mengetik dengan “10 jari”. Sekarang mungkin kau merasa kalah cepat, tetapi bertahanlah, sabarlah, belajarlah karena akan tiba saatnya kau akan menyusul mereka, bahkan membuktikan bahwa lebih nyaman mengetik dengan “10 jari”.

 

 

Surabaya | 150112 | 01:02AM

2 Comments (+add yours?)

  1. Sandra
    Jun 28, 2012 @ 22:13:57

    terlalu lebay mba kata” nya,
    tpi berjuang yg iingin mengetik 10 jari :p

    Reply

  2. Gloria Lady Leony
    Jan 16, 2012 @ 15:51:46

    love it🙂 mari berjuang bersama!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

www.widiantigunawan.wordpress.com
%d bloggers like this: