My 23rd: Miss Widi

Tak ada bayi yang bisa memilih namanya sendiri ketika dilahirkan di dunia. 23 tahun lalu, saat bayi mungil itu lahir ke dunia, mungkin yang ia tahu hanya terang dan menangis. Tanpa tahu siapa nama yang dipilihkan untuknya. Seiring usia yang bertambah, nama menjadi sesuatu yang lebih berarti. Lebih dari sekedar rangkaian huruf dan spasi. Membedakan dirinya dengan manusia lainnya. Mendengar kata itu disebut berarti dirinya sedang dipanggil oleh seseorang. Menuliskannya di setiap pojok kanan atas kertas ulangan sepanjang tahun. Namun tetap tak lebih berarti lebih dari itu.

Saat ini, 23 tahun sudah ia ada, hidup, dan memaknai dunia ini. Waktu demi waktu dirinya berusaha mencari dan mengungkap hal yang mungkin belum diketahuinya. Termasuk dengan memaknai arti nama yang diberikan oleh kedua orang tuanya. Ya, tentu saja, dia adalah aku! Aku memaknai arti namaku dan bangga atasnya.

Aku keturunan Cina yang tinggal dan lahir di Indonesia. Namun, ayahku cukup nasionalis. Sebagai orang Indonesia, lebih baik menggunakan nama Indonesia sebagai identitas. Tak seperti lainnya yang kebarat-baratan. Begitulah ujarnya kala itu. Nama resmiku sangat kental dengan nuansa Indonesia, tetapi aku juga masih mempunyai nama Cina untuk meneruskan historis alur keluarga.

Lalu, apakah nama itu nubuat? Mengapa saat itu orang tuaku memilihkan nama itu untukku?

Widianti Gunawan Wijaya

Widianti merupakan gabungan dari “widya” dan “yanti”. “widya” diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya ilmu atau pengetahuan. “Yanti” artinya perempuan. Jadi Widianti dapat berarti perempuan yang berilmu atau berpengetahuan. Gunawan diambil dari nama tengah ayah yang berarti orang yang berguna. Wijaya adalah nama keluarga ayah yang berarti unggul atau kemenangan.

Nama Cinaku:

Teng Xian Bei

Teng adalah nama marga. Xian nama keluarga. Bei berarti membanggakan.

Jadi bila arti itu digabungkan akan menjadi sebuah arti yang lengkap: Perempuan berilmu yang membanggakan dan berguna serta berkemenangan. Mungkin kurang lebih seperti itulah arti yang lahir dari perkawinan nama-namaku.

23 tahun yang lalu nama itu dirangkai tanpa tahu apa yang akan terjadi di hari depan. 23 tahun setelah nama itu dirangkai, seakan maknanya tergenapi. Di usiaku yang ke-23 ini, tepat di bulan September 2010, aku resmi menjadi dosen dan belajar tak henti membagikan ilmuku. Semoga bisa selalu membanggakan mereka yang menyayangiku. Bila berbicara tentang kemenangan, itu sudah dan selalu disediakan di sana oleh Tuhanku. Tak perlu kuragu untuk itu.

Apakah nama itu nubuat? Entahlah tapi tampaknya aku makin meyakini bahwa namaku tak sekedar rangkaian kata belaka, melainkan sangat bermakna dan kini aku menghidupinya.. Bagaimana denganmu?

Terima kasih untuk nama yang Papi Mami pilihkan untukku, I’m gratefull and so proud of it..

PS: Now you will understand why I want to be called with Miss Widi instead of Miss BeBe

Sby|080910|11:43PM

4 Comments (+add yours?)

  1. Parker
    Oct 22, 2010 @ 09:50:32

    weeww.. namnay dari bahasa sansekerta y miss ? heheh mantaph

    Reply

  2. Fonny
    Sep 24, 2010 @ 15:58:54

    sukses terus ya Ms. Widi😉

    Reply

  3. Vincent "Qing-He"
    Sep 24, 2010 @ 00:28:20

    WOW… i just realize that your name is so meaningful..
    knowing you as my best friend with a simple caled “Bebe”, just make me sure that my life will be so colourfull.
    Buatku bener juga kalau namamu itru nubuatan kawan.. Tidak peduli apa kata orang, aku sebagai kawan seperjuangan mu, menyadari hal itu semua, bahwa kawanku ini adalah perempuan berilmu yang membanggakan dan berguna serta berkemenangan..

    Reply

    • BeBe Gunawan
      Sep 24, 2010 @ 00:37:55

      Thanks for coming and commenting! BeBe ya boleh kok, toh artinya masih tetap bagus hihi.. Cuma kalo pas ngajar, i’d like Miss Widi rather than Miss BeBe. Di luar kampus mah terserah.. Do you know your name’s meaning?

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

www.widiantigunawan.wordpress.com
%d bloggers like this: