Cing’s 17th Surprised Birthday

“Surprise makes your life more colourful..”, that’s what I always think and try to make for those, my beloved. Cing’s 17th birthday on May 8, 2010 was another chance for me to give her surprise because she is my beloved sister.. J

For some reasons that I don’t know exactly, people usually thinks that 17th birthday is special for girls. So they celebrate it with such a big party at an expensive restaurant or hotel, invite so many friends, and spend a lot of money as the compensation. But that’s invalid in my family. 6 years ago, when my turn came, my parents asked me about party but I said no! Too much money spends for a celebration without knowing the meaning indeed just seemed unwise in my eyes. So, maybe that way of thinking also influenced my sister, she just wanted to treat her best friends. But wait what if I give her surprises as much as I can on that day? Lets the excitement begin then!😉

(Sorry I should go back to Bahasa, or should I make 2 versions of this post? Haha..)

“Sebanyak-banyaknya surprise yang bisa Cing rasakan”, itulah tema besar kali ini. Seperti biasa, hal terpenting dalam membuat kejutan adalah jangan sampai korban curiga dan menebaknya terlebih dulu. Tantanganku adalah kami tinggal sekamar, selalu bercerita segala hal yang terjadi, aku sudah sering memberinya kejutan, Cing tahu ide-ide kejutan yang biasa kulakukan untuk keluargaku, dan aku mulai sibuk keluar kota berkali-kali dalam seminggu.

Strategi mulai kuatur dan secara garis besar, Sabtu 8 Mei 2010 kubagi menjadi 3 bagian. Pagi: ia akan hancur di tangan teman-teman sekolahnya. Siang: Jadwal kami mengajar di Kembang Kuning Ministry. Malam: Surprise party. Persiapan kulakukan sekitar 3 minggu sebelumnya. Untuk surprise di Kembang Kuning ministry kupercayakan pada KC and team. Untuk pesta kejutan aku memilih secret agents Luci dan DS sebagai teman baik Cing.

Bisa dibilang pesta kejutan kupersiapkan sedetail mungkin dengan dibantu secret agents untuk pelaksanaannya. Maklum, aku tak bisa diam dan cukup sering mengkoordinir acara tapi yang berbeda aku tak boleh membuat Cing yang sekamar denganku curiga. Setelah ijin dari ayah kuterima dengan kuajukan budget seminim mungkin, mulai mencari tempat, mengumpulkan nama undangan, menghubungi satu per satu dibantu agents, menghubungi Pastor Scott dan Pastor Witanto, mencari konsep, membayangkan dekorasi, membuat kantong lampion, memesan kue ultah berbentuk unik yaitu cacing, semua kulakukan tanpa cing boleh tahu. Begitu pula ketika meeting dengan Kembang Kuning Ministry team.

Untuk itupun aku harus menghasut Cing agar mengundang temannya makan di 15 Mei 2010. Ia bilang tak berarti bila bukan di hari H saat ultahnya, tp alasanku sekalian pengucapan syukur untuk baptisan sidi nya di tanggal 13 Mei 2010 nanti. Ia pun percaya, padahal 15 Mei 2010 adalah fiktif bikinanku agar ia tak mengira temannya akan ada di 8 Mei 2010. Ia mengajakku survey tapi karena kesibukanku sekarang, ia percaya saja. Padahal aku baru sempat meeting dengan secret agentsku H-5, bahkan mengkoordinirnya dari puncak Gunung Wilis dengan sinyal yang sulit haha..

Inilah 8 Mei 2010 itu:

Pagi – Semua teman sekolahnya membalas dendam dengan memandikannya dengan susu busuk, air dingin, pylox, dan entahlah apalagi. Yang pasti ia basah kuyup dan bau ketika masuk ke mobilku saat pulang sekolah. Sepertinya hari itu memang sangat dinanti teman sekolahnya karena Cing terkenal “tega” menghabisi teman lain saat mereka ulang tahun.

Siang – Saat akhir Sunday School di makam itu, Cing sudah ditunjuk memimpin doa penutup, sesuai rencana. Tapi sebagian anak kelas 4-6 SD, berdiri tak mau duduk di ujung belakang sana. Saat Cing memimpin doa, mereka meringsuk berderet di belakang Cing sambil membawa tulisan warna warni CING-CING bikinan Karen Campulseo dan banner Happy Birthday-ku yang sudah kutitipkan di rumah Carrie Goldsmith saat meeting. Gama sudah siap dengan cameranya. Setelah amin, Ricco memainkan lagu Happy birthday dan saat Cing berbalik, SURPRISE!! Aku lega melihat ekspresi kaget nan tulus itu dari wajahnya. Sekitar 60 anak-anak ikut menyanyi dengan lantang dan saat Elise mengajak mereka mendoakan Cing dengan mengarahkan tangan kepadanya, Cing menangis!! Yay! We made it!! Cing yang kaku dan cuek itu menangis hahaha.. Kemudian mereka bergantian mengajak Cing untuk ada di tengah kerumunan dan difoto oleh Gama. Saat di perjalanan pulang, Cing mengaku sangat senang dengan kejutan kecil sederhana nan tulus itu yang menurutku sangat berarti untuknya.

Sore – Acara yang seharusnya dimulai jam 5, molor sejam. Setelah dikomando Eric yang mengkoordinir di Hallo Surabaya untuk berangkat, papa, mama, aku dan Cing berangkat ke sana. Alasanku kita akan makan malam di Fu Y*an tetapi survey ke Hallo Surabaya dulu untuk tanggal 15 Mei 2010. Memang tak sempurna, ayah salah parkir ke tempat parkir mobil teman-temannya, dan saat ngobrol dengan marketingnya, keluarga adik ibu-ku justru mendatangi kami dan Cing melihatnya. Oops!! Danger!! Tapi kemudian aku berusaha se-natural mungkin mengajaknya jalan ke depan menuju tempat teman-teman sembunyi. Saat Cing melangkah, SURPRISE!!! Sekitar 25 temannya beserta Pastor Scott dan Witanto meneriakinya dan membuatnya salah tingkah.. Hahaha.. Ia benar-benar kaget. Pastor membawa keluar kue berbentuk Cacing cokelat itu. Kemudian kami mengarahkannya ke sisi kanan air mancur. Sejak jam 2 siang DS dan Lusi mendekornya dengan balon putih dan merah, warna kesukaan Cing.

Outdoor party itu dimulai dengan Cha-Cha games and buble gum games from Scott and Witanto. Mungkin beberapa juga surprise karena ada “bule” yang nongol di tengah kami dan memimpin acara hehehe.. Kemudian Papa menyampaikan pidato singkatnya untuk teman-teman Cing. Keluarga mulai datang dan makan malam dimulai. Kekurangan lain adalah music, yang kukira music sudah ready ternyata tak ada gitar yang dibawa, but the show must go on, itu mungkin mempengaruhi mood tapi tak akan mengurangi arti hari itu buat Cing. Teman terbaiknya sekali lagi memberinya surprise. Lalu Fear Factor games yang mengharuskan peserta makan lalapan pete, daun bawang, pare, kacang panjang, roti bakar, pumpkin rebus. Untuk jatah Cing, roti bakar itu dilumuri sambal. Meski dengan susah payah menghindar toh ia berhasil menghabiskan juga roti bersambal itu. Kemudian sesi curhat. Diiringi petikan gitar, aku menanyakan kesan, kelebihan, kekurangan, dan pesan dari teman dan keluarga untuk Cing. Banyak yang berpesan agar ia tak lagi cuek, semoga ia mengingat dan merubahnya. Tiba giliran Cing yang bersuara dan sekali lagi Cing menangis saat mengucapkan terima kasih pada papa mama kemudian menyatakan ia sayang papi mami dan memeluk mereka. Sweet moment to be remembered dan teman terbaiknya yang menjadi saksi. Barulah sesi buka kado menutup acara malam itu.

Ambience yang tidak formal, santai, hangat, benar-benar ada saat itu. Meski ada kekurangan di sana sini, banyak malah. Kau yang ada di Surabaya mungkin tau bahwa Sabtu lalu seharian hujan meski rintik-rintik tapi tak berhenti bahkan sampai sore hari. Pihak resto pun sampai berulang kali menanyakan apakah yakin akan outdoor karena masih hujan setiap hari. Ayah hanya berujar, nanti tidak akan hujan! Tuhan menumbuhkan iman kami semua, hujan benar-benar berhenti tepat sebelum pesta dimulai.

Dan mewakili keluargaku, aku benar-benar berterima kasih untuk semua yang sudah membantu. Lusi, Daniel Septian, HauHau, pihak Hallo Surabaya, Pastor Scott and Witanto, Suk Cien An, semua teman Cing yang sudah datang, dan juga keluarga. Pesta lain biasanya yang ultah mempersiapkannya dengan EO dan undangan tinggal datang menikmati, tapi kali ini undangan yang harus mempersiapkan pesta dan yang ultah menikmatinya hehe.. Tapi percaya atau tidak, Cing akan lebih mengingatnya.

Semoga surprise ini akan selalu membekas dan meninggalkan arti mendalam untukmu Cing. Semua ini menjadi bukti betapa sayangnya kami padamu bungsu.. Lihatlah, ada betapa banyak orang yang peduli padamu dan membantuku membuat surprise untukmu, how beautiful it was, rite? Maka kamu pun tak lagi boleh cuek tapi harus peduli pada sekelilingmu ya.. Selamat mencari arti di balik usia 17 tahunmu. Hidup tak akan pernah lebih mudah, tapi Tuhan sudah membuktikan di hari itu, ketika kau beriman, Ia akan berikan yang Kau minta. Lagipula ada kami semua yang akan selalu ada buatmu. Hope 8 May 2010 was so meaningful for you dan siapkan dirimu untuk memberikan hadiah buat Tuhan di ultah ke 17-mu, yaitu baptis sidi mu tanggal 13 Mei 2010.. Happy surprised birthday my beloved sister..

Surprise works when your beloved didn’t expect it and surprise succeeds when you see that surprised expression combined with the most beautiful smile on your beloved’s face..

Nb: Cing, I think I’m success this time, because you didn’t even suspicious with me, but Lusi and DS, both of you have to learn more in making surprise hahahaha.. Anyway, this is another blessing that I could give after decided to not go to Jakarta..😛

2 Comments (+add yours?)

  1. Teresa leli
    May 11, 2010 @ 12:02:11

    Kereeen Bebe, very good post:)
    Its mean a lot for your lovely sister, family, n the reader

    Happy B’day to Cing:), hehe even lately..
    Wish u all the best Cing^^

    Cing should be very happy & thankful to JC, having creative &smart sister like u, bebe..N the most she growth in nice Family, so full of love, warm, care & bless🙂.

    Jesus bless you all always^^

    Reply

    • BeBe Gunawan
      May 11, 2010 @ 14:18:31

      hahaha.. miss you leliii..
      thanks ya.. hope so. as i said on the previous post, God has a plan why i’m older then her, we have our own role in a family hehe.. what else we have in this world when else gone? family..🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

www.widiantigunawan.wordpress.com
%d bloggers like this: