I am Graduated!

Kupersembahkan gelar S.Sos-ku sebagai kebanggaan untuk mama papa,

sebagai wujud pertanggungjawabanku..

atas pilihan masuk di Jurusan Ilmu Komunikasi UK Petra.

Kupersembahkan Cumlaude-ku sebagai hadiah perkawinan perak mama papa,

semoga menjadi hadiah yang layak untuk dikenang..

 


Finally it comes to an end.. 4.5 tahun sebagai mahasiswa dan akhirnya perjuangan itu berakhir. Perjuangan itu dikukuhkan secara resmi di wisuda UK Petra ke-57, 6 Maret 2010. Sebelumnya aku hanya melihat ini sebuah seremoni biasa. Yang kutahu, aku ingin memakai kebaya di wisudaku. That’s it! Tanggal wisudaku bertepatan dengan hari ulang tahun pernikahan orang tuaku yang ke-25. Jadi, foto keluarga yang sudah menjadi tradisi yang luput dilakukan beberapa tahun terakhir, pasti akan dilakukan kembali. Kakak pulang dari Jakarta untuk ini. Ketiga wanita ke salon, berdandan ria. Maklum semua tidak suka berdandan, but I’ll do it for this special day. Kebaya biru yang dipinjamkan teman baikku di Jakarta, menemani hari istimewa itu.

Pengukuhan sebagai Sarjana oleh Dekan berjalan lancar. Tanpa ada perasaan melankolis apapun, flat! Hanya, aku merasakan sulitnya berjalan dengan balutan kain. Yang berbeda adalah ketika harus mengikuti prosesi pemberian tabung emas bagi mahasiswa yang Cumlaude. Ketika bersiap di pinggir panggung, menunggu namaku dibacakan, tiba-tiba saja perasaan itu muncul. Melihat deretan orang tua yang menjadi tamu di wisuda itu, suasana yang sangat khusyuk, detik menunggu giliran serasa lama sekali. Tiba-tiba jantung berdetak lebih kencang.

Aku mencoba membayangkan apa yang ada di benak mama dan papa saat itu. Melihat anak keduanya berjalan di panggung sebagai mahasiswa yang lulus Cumlaude. Mendapat tepukan tangan dari teman Ilmu Komunikasi. Mendapatkan tabung emas yang tidak semua wisudawan bisa mendapatkannya. Tak bisa. Justru air mata yang ingin menetes. Kerena aku pun tak menyangka aku bisa Cumlaude akhirnya.

Cita-citaku adalah ingin melihat papa dan mama tersenyum bangga atas semua yang kulakukan. Aku berterima kasih kepada Tuhan kalau di ujung perjalanan kuliah ini, bisa jadi kesempatan melihat mereka bangga. Aku memang sempat mengincar gelar Cumlaude ini saat awal masuk kuliah. Namun aku bukan tipe kutu buku (not at all), belajar hanya bila besok ujian, begitu pula dengan tugas. I’m quite a last minute person. Titip absen, bolos kuliah, kepanitiaan, waktu kuliah molor, dan IPK pun naik turun. So, thanks be to God, ternyata aku pun baru tahu tepatnya, saat gladi resik wisuda bahwa masih bisa Cumlaude.

Sejujurnya, wisuda ini tak begitu berarti banyak untukku. Aku tak pernah bingung mengejar gelar S.Sos di belakang namaku. Bagiku, mungkin ini bentuk ucapan syukur di kala banyak orang di luar saya yang ingin kuliah S1 tetapi tak punya kesempatan untuk itu. Di balik ini semua, justru menjadi beban tersediri untukku melangkah ke depan. Aku lebih bingung untuk perjalanan di depan yang masih berkabut. Bukan khawatir, karena aku tahu Tuhan akan bawa aku ke tempat yang terbaik.

Namun, bagi mama papa jelas ini punya arti tersendiri. Arti yang hanya bisa kupahami bila suatu saat nanti tiba giliranku ada di posisi mereka sekarang. Jadi, wisudaku ini kupersembahkan kepada mama dan papa sebagai wujud pertanggung jawabanku untuk biaya yang sudah sangat banyak dikeluarkan agar anaknya mendapat pendidikan terbaik. Bukan hanya biaya tetapi kepercayaan lewat doa dan dukungan mereka. I love you mami papi..

If they said I’m lucky, I said this is God’s grace only..

Sby 100310 6:40PM

12 Comments (+add yours?)

  1. bookoopedia.com
    Mar 06, 2014 @ 17:32:43

    I am truly grateful to the holder of this web page who has shared this impressive paragraph at here.

    Reply

  2. samuel
    Jul 29, 2013 @ 12:28:04

    halo blh knalan? add pin ak y 24CCB819
    tq

    Reply

  3. Trackback: 2010 « Lukisan Kata Tulisan Warna
  4. Anita
    Aug 16, 2010 @ 13:25:46

    aku jadi ikut deg-deg’an miss😀

    Reply

    • BeBe Gunawan
      Aug 16, 2010 @ 14:36:48

      hahaha.. Ini Anita kelas C ya?
      Thanks ya mampir ke blog saya.
      Hope you got something to learn from each post.
      Keep reading because this gonna be to be continue..🙂

      Reply

  5. Acha
    Mar 30, 2010 @ 09:05:04

    beee…. aku baru sempat baca. aku baca ikut deg2an lho apalagi yang bagian kamu mau dipanggil namanya, bagi peenrima cumlaude. aku ga bisa bayangin rasa bangga and haru yang kamu n papa mama mu rasakan.

    doakan lah adek kelasmu ini, supaya bisa melewati semua proses

    Glorious Victory be with those who dwell in HIS House

    Reply

  6. BeBe Gunawan
    Mar 26, 2010 @ 00:25:37

    thanks all..🙂 *hugs*

    Reply

  7. Valen-CIA
    Mar 25, 2010 @ 23:22:43

    congratssss!!!!

    Reply

  8. ichanx
    Mar 23, 2010 @ 16:44:32

    selamat yaaaaaaaa…..

    Reply

  9. Desi
    Mar 20, 2010 @ 10:42:01

    welcome to the new chapter of life be🙂
    fokuslah pada visi yang diberikan Tuhan padamu.
    keep in youch ya!

    Reply

  10. five2all
    Mar 13, 2010 @ 13:00:39

    Congrat’s ya Be ^^.

    Reply

Leave a Reply

www.widiantigunawan.wordpress.com
