Flash Back Memory (2)

Biar ngga dibilang nggacor (baca: mulut besar)! Itulah alasan yang aku pakai ketika tawaran mengkoordinir acara ini diajukan. Tapi tanpa embel-embel sebutan Ketua. Aku tak terlalu menyukainya karena beban tanggung jawab lebih berat ada di baliknya. Ternyata tak semudah itu membuat acara yang tampak simple bahkan diremehkan sebagian pihak. Namun, ini menjadi satu pengalaman luar biasa bekerja bersama sabahat terbaikku selama di Fikom, sebelum kami masuk ke rimba masing-masing.

Ide Flash Back Memory datang dari beberapa teman Fikom 2005 yang berkali-kali ingin bertemu tapi selalu gagal karena satu dan lain hal. Murni tanpa bumbu lain, kami hanya ingin ketemu dan mengenang kekompakan selama bersama di Fikom 2005. That’s it! Bukan sekedar perayaan kelulusan bagi yang lulus di wisuda kali ini. Bukan pula reuni karena belum terlalu lama berpisah. Tetapi mengumpulkan satu angkatan. Berarti semua Fikom 2005 yang sudah lulus, akan wisuda, sedang skripsi, dan yang sudah berhenti di tengah perjuangan.

Pesan yang ingin disampaikan adalah mengingatkan kembali bahwa Fikom 2005 bukan sekedar label ketika masuk menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi Petra 2005. Namun adalah rumah bagi semuanya. Sebuah rumah akan tetap menjadi tempat paling nyaman ketika lelah datang menghampirimu, di level kehidupan manapun kau berada. Seperti yang kutulis di Flash Back Memory (1). Orang-orang rumah bisa mengertimu meski hanya dalam diam. Ada rasa nyaman dan serasa diisi semangat baru saat dikelilingi orang yang kau sayang.

Kau sudah bekerja? Kami semua ingin segera menyusulmu tapi kau memiliki masalahmu sendiri di sela pekerjaan yang tampak nyaman. Kau diwisuda? Kami ingin merasakan senyuman legamu tapi kau memiliki kebingungan apa yang harus kau lakukan sekarang, bekerja di mana, susahnya mencari kerja. Kau masih berjuang skripsi? Kami ingin berbagi perjuangan yang pernah kami alami ketika ada di posisi itu tapi memang tak mudah melewatinya, terlebih secara mental. Kau terlebih dulu menyudahi perjuangan kuliah ini? Kami ingin menanyakan kabarmu sekarang tapi kau tetap keluarga kami karena semua berasal dari rumah yang sama.

Masalah mulai muncul satu per satu. Mulai dari venue yang kurang professional melayani konsumen, long weekend, hingga jadwal peserta. Inilah hidup. Hidup mengharuskanmu memilih dan mengorbankan yang lain. Tanpa imbalan kredit poin, uang, keuntungan sepeser pun, justru harus berkorban waktu untuk meeting, pulsa menelpon 150an FIkom 2005, tenaga untuk mengatur ini dan itu. Komitme diuji, karekter individu terlihat aslinya, gesekan diantara sahabat, kesalahpahaman, semua mewarnai usaha panitia mewujudkan Flash Back Memory ini.

Hal lain yang baru bisa kuterima, mau tidak mau, tidak semua Fikom 2005 memiliki kerinduan sama untuk berkumpul. Itulah kenyataan yang baru terungkap jelas. Tak perlu naïf karena memang begitu adanya. Memang kami tahu ada beberapa yang ingin, tetapi berhalangan karena kesibukan. Namun, ada pula yang merasa tidak memiliki teman untuk hadir. 150 bukan angka yang kecil. Kami hanya bisa tersenyum miris. 4 tahun lebih bersama tetapi mengaku tak punya teman. Aku bersyukur, aku punya banyak sekali teman di Fikom 2005! Bahkan lebih dari teman, sahabat!

Selain itu, apabila acara ini akhirnya berhasil diadakan 5 Maret 2010 lalu, itu semua karena kemurahan Tuhan. Iman memang tidak sejalan dengan kenyataan yang terlihat. Tapi keyakinan itulah yang membuat semua ini berhasil. Tak ada dana, konfirmasi hanya separuh dari jumlah minimum yang diberikan venue sampai dengan H-1. Itu berarti berisiko panitia menanggung kerugian untuk melunasinya. But, taking no risk is the greatest risk of all, isn’t it? Dan kami tidak punya pilihan selain maju dan biar Tuhan yang selesaikan.

Sebagai Coordinator, aku takut teramat sangat. Kerugian jelas akan jadi tamparan yang harus diterima nanti. Tapi aku harus tetap meyakinkan yang lain, bahwa everything will be okay in the end, if it’s not okay then it’s not the end. Meski di dalam, aku sangat takut dan hanya bisa beriman. Aku hanya berdoa minta ampun bila ada tinggi hati di dalam panitia. Memohon supaya hujan tidak menghalangi acara ini dan selesai tanpa “ditampar”. Ada suara yang berkata padaku, bila acara ini harus sampai 3x berganti tanggal, itu tak lepas dari rencana Tuhan; rancangannya adalah rancangan damai sejahtera dan bukan kecelakaan.

Finally, Flash Back Memory Fikom 2005 has its happy ending. Pesan tersampaikan dengan baik. Tidak ada tamparan, justru Tuhan beri lebih dari yang dibutuhkan. Dan ini bukan akhir atau perpisahan tetapi permulaan di tengah lepasnya satu per satu kebersamaan di kampus. Fikom 2005 masih menanti mereka yang belum ingin pulang ke rumah. Tak apa, sejauh apapun kau pergi, kau akan tetap tahu di mana rumahmu. Terima kasih untuk semua dosen yang sudah mendukung dengan hadir dan menyampaikan kecintaannya pada 51405. Keep in touch.. Kalau tidak hadir malam itu, sorry but you’ve missed one of the greatest chances in your life!


Sahabat-sahabatku, Lele, Ella, Ivone, Lili, Couz, Tansil, QingHe, Rama, Ryan, Aan, Tina, Didik, Andy, Aga: Sorry for every mess I did and thank you for showing me who truly you are. It was a great opportunity to work with you once again. Good luck in your life journey! Believe one thing, nothing is impossible with God! J

Sesekali perlu memimpin orang lain supaya kau bisa belajar memimpin dirimu sendiri.. (at) J

Sby – 090310 – 4:24PM

3 Comments (+add yours?)

  1. Trackback: 2010 « Lukisan Kata Tulisan Warna
  2. BeBe Gunawan
    Mar 26, 2010 @ 00:49:06

    Jadinya tetep di Mahameru dgn segala “kasus” yg terjadi hihihi.. Yap that quote really really really cool!! hehe.. thanks for keep coming Len..😀

    Reply

  3. Valen-CIA
    Mar 25, 2010 @ 23:28:09

    cool be!!!!!
    di mana ni akhirnya venue flashback nya?😀

    btw, the quote ‘everything will be okay at the end..if it’s not okay then it’s not the end”

    that’s also been one of my fav quote this far!😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

www.widiantigunawan.wordpress.com
%d bloggers like this: