I Love My Skripsi

Sidang mandiri adalah sebuah pra-sidang dari sidang skripsi yang sebenarnya. Harus dihadapi oleh setiap anak Ilmu Komunikasi UK Petra yang hendak maju berperang di sidang skripsi seminggu kemudian. Mempresentasikan hasil penelitian, di hadapan minimal 2 dosen dan lebih dari 10 mahasiswa, lalu menjawab semua pertanyaan yang tak terduga. Simulasi yang mempersiapkan mental sebelum turun ke medan perang. Saat menguji kemampuan Public Speaking yang pernah di-mata kuliah-kan. Mengukur rasa percaya diri dan mencoba mempertanggungjawabkan hasil jerih payah penelitian. Sebuah masa menguji mentalitas dan penguasaan diri terhadap materi skripsi. Sebuah titik dimulainya adrenalin bergejolak. Sebuah fase yang kemarin telah kunikmati setiap detiknya..

Sehari sebelum sidang mandiri, aku bagai kehilangan rasa percaya diri terhadap apa yang telah kuteliti sendiri selama beberapa bulan terakhir ini. Akan tetapi mungkin sisi positifnya adalah dengan demikian, aku jadi mempersiapkan diri dengan sebaik yang kubisa (I slept at 5AM!). Kemudian benar-benar berserah pada Tuhan yang sudah memimpinku sejak masa internship, brain storming topik, pemilihan topik, kolokium, pengumpulan data di Jakarta, bimbingan, begadang, pengumpulan skripsi, dan kuyakin Dia tetap menyertaiku sampai semua proses ini selesai dan aku akan masuk ke babak lain dalam hidupku.

Banyak orang menyebut ini cepat dan bahkan beberapa pihak menyebut ini terlalu cepat, untuk sebuah penelitian kualitatif. Sebenarnya, aku lebih suka bila lama waktu pembuatannya di-kualitatif-kan daripada di-kuantitatif-kan. Secara kuantitatif, pembuatan skripsi ini berjalan sejak lulusnya aku di sidang kolokium tahap 1 (semester lalu) atau sekitar April-Mei 2009 form bimbingan skripsiku baru terisi pertama kali. Dan skripsi kukumpulkan pada awal Oktober 2009. Namun secara kualitatif, selama 1 bulan kuhabiskan di Jakarta untuk mencari data, saja! tanpa bimbingan. Sepulang dari Jakarta, aku selalu begadang, tidur lebih dari jam 2 pagi setiap malamnya, tak ada bersantai sampai skripsi selesai.

Aku hanya ingin menyemangati teman-temanku yang sedang membuat skripsi dan akan maju di periode selanjutnya. Cepat atau lambat, sebentar atau lama, semua itu pilihanmu. Bila yang kau pikirkan positif, itulah yang akan terwujud. Bila kau ‘mencintai’ skripsimu, maka di sanalah hatimu berada. Bila skripsi jadi prioritasmu, maka kau rela curahkan waktu lebih untuk mengerjakannya. Bila kau yakin dan punya passion akan penelitianmu, pembimbingmu pasti akan memahami dengan caranya masing-masing dan akan membantumu. Bila memang semua hal baik akan skripsimu yang kau kuimani, kau akan menikmati masa-masa ini dengan senyum. Dan bila kau jalani semua ini bersama Tuhan, Ia pasti akan buka jalan..

Bukan berarti kulewati semua ini dengan mudah, tanpa masalah, tanpa keluhan, tanpa stress, dan tanpa melewati lembah yang gelap. Berkali-kali aku tak bisa kalahkan kemalasanku, godaan Facebook, beda pendapat dengan pembimbing, kesulitan di Jakarta ketika mencari data, dan berbagai hal teknis lain. Aku seringkali teriak di bawah bantal bahkan berdoa dengan tetesan air mata. Bila semua itu datang, aku seringkali kembali bertanya dan merasa bodoh, “Apa esensi di balik pembuatan skripsi yang serumit dan menguras semangatku ini?”. Karena ini suatu hal yang sangat melelahkan mental dan pikiran. Tapi aku yakin, skripsi pasti ada bukan hanya karena syarat untuk lulus dan menjadi sarjana. Skripsi ada untuk sesuatu yang jauh lebih besar dari semuanya itu, tunggulah waktu yang akan memberitahukannya nanti..

Aku ingin berterima kasih untuk semua nara sumber dari Shell yang sudah rela kuganggu waktu kerjanya dan menjawab puluhan pertanyaan dariku (Totally it has 269 pages, and 91 pages are the transcripts of our interviews!). Special thanks to Dina Setianto for your kindness (Sorry for sending you so many emails and asking too many things ^^). Communications CX Shell Indonesia (You are one of the reasons I took this thesis topic). Dosen penguji di sidang mandiriku kemarin (Miss Des dan Miss Tisya, thanks for the inputs). Dosen pembimbing, Bu Yuli yang sangat awesome dan Bu Inggrit (so sad, both of you don’t have FB account). Dosen lain yang memberi masukan dan support (Pak Nanang, Miss Fe, Miss Grace, Pak Joko). Mrs W a.k.a. Bu Wike yang memberikan ilmu Public Speaking (I really gave out all my skill yesterday, I truly realized how important that class in this thesis thing). Teman-teman terbaikku di Fikom yang kemarin datang ke sidang mandiriku (So glad could did it in front of you all guys).

Kemarin, ada beberapa kekurangan yang harus kuperbaiki. Seketika aku merubah plan dari shortcut version menjadi long dan the real one version. Alih-alih ingin membuat audience paham yang kuteliti, malah membuat mereka bosan. Lega, pertanyaan kemarin masih di dalam jangkauanku, kecuali pertanyaan terakhir =P. Respon dari dosen cukup positif dan menjadi tabungan untuk membuatku lebih yakin.

Sidang mandiriku akan menjadi sebuah penyemangatku untuk lebih percaya diri saat maju sidang nanti. Karena beberapa hal, aku belum benar-benar dapatkan percaya diriku. Oleh karena itu, melalui notes ini, selain berterima kasih untuk bantuan, support sentences, dan doa; kuharap semua pihak sekali lagi, berkenan mendukungku dalam doa untuk sidang yang sebenarnya minggu depan. Doa itulah yang akan menguatkanku. Apapun hasilnya, aku tak mau pusingkan itu sekarang tapi aku janji aku akan beri yang terbaik. Semua proses berat yang telah kujalani ini mungkin adalah ujian yang sebenarnya, Tuhan yang akan menilainya bukan? Dan aku bersyukur diijinkan lewati semua ini bersama dengan orang-orang seperti kalian yang hadir di sepanjang perjalanan pembuatan skripsiku..

Teman yang sama-sama berperang periode ini, enjoy the adrenalin.. =P Teman yang masih berjuang, you could and must do better than me!! Wish you learned something from mine. I’ll always here when you need support guys.. God doesn’t require us to be the best, but He wants us to do our best, and He will take care of the rest..

The battle is not ours, it belongs to the Lord, for God is our victory!

 

 

Sby – 171009 – 1.00AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

www.widiantigunawan.wordpress.com
%d bloggers like this: