(Tak) Ingin Segera Lulus Kuliah

Sby – 070309 – 11:22PM

 

Dua hari ini, aku merasa sedang jadi melankolis. Aku sangat ingin waktu berhenti atau melambat. Ini minggu ketigaku kembali ke aktivitasku di Surabaya. Tapi apa yang kutemukan? Tampaknya hidupku sedang bergerak menuju ke tahapan kehidupan yang lain. Dan mulai meninggalkan satu per satu kisah hidup, kebiasaan, dan pola hidup dari tahapan yang tak lama lagi akan berlalu. Tahapan itu adalah masa kuliahku..

 

Kuakui sebelum ke Jakarta, aku benar-benar seorang mahasiswa lengkap dengan kuliah dan organisasi di kampus. Bukan mahasiswa yang pasif karena aku tak bisa berdiam diri menganggur. Rasa bosan itu ada tentunya, karena aku manusia biasa. Rasa stress karena tekanan di organisasi pun sempat membuatku ingin segera lari dari masa-masa itu. Lalu aku ke Jakarta selama 6 bulan. Menjalani kehidupan yang totally different! Ternyata 6 bulan itu lama juga ya.. Ternyata satu semester bisa mengajarkanmu banyak pelajaran hidup.. Ternyata satu semester bisa menyadarkanmu bahwa banyak hal sudah berubah.. dan ternyata satu semester telah meninggalkan satu per satu indahnya masa kuliahku..

 

Sekembalinya aku dari Jakarta, sempat ada perasaan ‘kaget’ dan harus perlahan menyesuaikan diri dengan kondisi saat ini, kebiasaan yang sudah banyak berubah selama 6 bulan, menikmati senangnya menyetir, dan kembali menginjakkan kaki di kampus dengan rutinitas yang sudah berubah. Aku sedih karena masa yang kujalani di kampus sekarang bukan lagi masa yang dulu. Kusadari, aku sedang dibawa perlahan meninggalkan satu per satu moment dari fase kuliah dan akan berganti dengan moment yang berbeda. Karena itu aku ingin waktu berhenti atau melambat saja.. Aku masih ingin ada di fase itu..

 

Kini di selasar gedung perkuliahanku, sulit menemukan teman seangkatanku padahal biasa kami menghebohkan Selasar C itu dan menikmati kegilaan habiskan waktu di sana. Kini aku tak begitu nyaman lagi berada di sana karena serasa bukan lagi tempat untukku, sejauh mata memandang mahasiswa angkatan bawah yang ada. Bukannya aku tak kenal, mereka akrab dengan kelompok masing-masing, lalu di mana gerombolanku? Sibuk dengan skripsi dan aktivitas lain. Serasa sepi di tengah riuhnya markas Ilkom. Banyak saat di mana aku bingung akan apa yang ingin aku lakukan. Dulu aku selalu berkuliah setiap hari sampai bosan harus ke kampus setiap pagi sampai sore bahkan malam bila ada kepanitiaan. Sekarang hanya Kamis dan Jumat saja, sisanya aku bingung dan tak kerasan dengan itu.

 

Di mana kehebohan angkatanku di tengah selasar C? Di mana kejayusan yang menggaring itu? Kini wajah-wajah mereka aku rindukan.. Kini aktivitas kepanitiaan beserta stress nya ku pun rindukan.. Semakin susah ingin bercerita dan berceloteh hal penting dan tak penting dengan mereka. Semua mulai sibuk dengan bekerja, pengerjaan skripsi, kolokium, di tempat masing-masing. Aku yang baru memasuki minggu ketigaku jadi terhenyak dan tersadar, fase kuliah ini akan segera berlalu.. Perlahan mulai berubah, kebiasaan-kebiasaan yang dulu telah berlalu..

 

Paling tidak aku tidak menyesal, karena aku benar-benar menikmati setiap kegiatan yang telah kulakukan selama kuliah. Semua jadi kisah yang mengukir senyuman di bibir ketika mengingatnya kembali. Ospek, tutorial, kelas, camp Mi Casa Se Casa, SE nasional, ComPar 07, Outbond PSU di Wonosari, Camping di Sempu, Show Your Inner Strength Camp, ComPar 08, dan semuanya..

 

Ketika minggu lalu melihat kakakku diwisuda, hm.. tak lama lagi aku akan merasakannya. Pasti lega tanggung jawab sebagai mahasiswa telah selesai. Namun, aku tak (begitu) suka perpisahan. Jadi aku juga akan sedih berpisah dengan kampus dan segala aktivitasnya, terlebih berpisah dengan teman-temanku yang masih akan berkuliah atau telah lulus dan bekerja. Tapi itu proses hidup yang harus kulalui nanti. Ingin rasanya tak segera selesaikan kuliah ini, namun itu akan jadi hal bodoh.. Huff.. Nikmatilah stress kolokium dan skripsi, walau susah tapi akan dirindukan nanti..

 

Inilah hidup.. Ia membawamu, memaksamu, menyeretmu, atau bahkan meninggalkanmu maju karena ia tak pernah bisa menunggu..

4 Comments (+add yours?)

  1. Fonny Cayliani
    May 07, 2009 @ 17:31:54

    aiiyyyaaaa…..
    perpisahan is not the problem you’ll face…
    the real problem is that you have to face the real work…
    yah kalo baru2 lulus siih masih ok… masih semangat dan ingin merasakan tantangan kerja…..

    10 years berjalan….
    males banget deh kerja… enakan kuliah tidak ada beban…
    yang terpikir cuman.. gimana caranya duit masuk dengan cepat tanpa usaha yang melelahkan $$$$$$$$$$

    ya aku tak belajar bekerja darimu ae jie.. hehe..

    Reply

  2. AnDy
    Mar 10, 2009 @ 23:46:07

    “Cepet banget emang waktu, g trasa..”

    Sesekali ak kepikiran kya gitu, tapi seketika itu juga ak lgs jawab, “masa depan menanti, nikmati dengan segala perjuangan yg ada”.

    Kadang2 malah klo liat anak kecil gitu ya, wuih kok pgn balek jg jadi kya mereka, dulu wkt SD, inget’e mek maennnn dan maennnn hahahah, skrg, tiap hari ada aja yg harus dipikirkan +(

    Dinikmati aja, ada teman2 disamping kita kok, ok be ^^,


    yuuuuuk……

    Reply

  3. Ari Kuncoro
    Mar 10, 2009 @ 09:25:25

    anw, udah di sby, to? he. santai saja… enjoy your life phases. everything’s gonna be ok.

    thx juga udah mengunjungi blog awa.
    matur nuwun.

    iya Ri, udah balik ke hometown.. laen kali aku berkunjung gw dah..

    Reply

  4. Couz'
    Mar 09, 2009 @ 22:39:56

    Hahaha..
    Tenang buuu..
    Gk cuman kmu yang ngerasa kok..
    Tanya aja ama yang laen, pasti kayak gitu..
    Dilema memilih antara lulus atau tidak, bukan karna nggak mau lulus, dan berlama di kampus, tapi lebih karena perpisahan, baik dengan teman maupun kenangan masa kuliah..
    So, how about we don’t think about it too much, and enjoy every second of it?? Masalahnya waktu kan nggak nunggu, jadi daripada cemas, nikmatin aja, rite??
    Hooohoho.. ^^

    Baca di kalimat awal couz.. lg melankolis haha.. makanya jd begitu.. enjoy lah..

    Reply

Leave a Reply

www.widiantigunawan.wordpress.com
