Memorable Sempu Island

Hari ini aku kembali membuka blogku yang dahulu kubuat di salah satu situs pertemanan. Ada beberapa post yang aku suka di blog yang kini tak lagi pernah aku up-date. Aku memutuskan untuk fokus pada satu blog saja dan Lukisan Kata Tulisan Warna yang kupilih. Sebagai konsekuensi dari pilihanku itu, maka ada postingan lama yang aku suka jadi tertinggal di sana. Daripada ‘lapuk’, maka akan aku copy dan aku post di blog Lukisan Kata Tulisan Warna ini. Post yang aku tulis itu tidak akan lekang dimakan waktu, jadi masih tetap relevan sekalipun ternyata sudah satu tahun yang lalu tulisan itu kubuat. Semoga masih tetap dapat menghadirkan seulas senyum dan menginspirasi. Sama sepertiku yang sampai kapanpun akan selalu tersenyum saat membaca semua tulisan yang pernah kubuat, karena bersyukur ketika teringat setiap kenangan indah dan berkesan yang tak bisa terulang lagi..

 

Memorable Sempu Island..

November 15th, 2007 by bebe050987

Pulau Sempu.. Sebuah tempat yang sangat indah dan punya kenangan tersendiri buatku.. Hamparan pasir putih, air laut biru kehijauan sebagian kehitaman karena terumbu, dikelilingi karang tinggi, panasnya sinar matahari, bunyi ombak yg menyapa pantai, ada karang yg lubang jadi ganasnya ombak dari Samudra Indonesia membentur karang itu sebelum bisa mencapai Segara Anakan.. What a wonderful scenery!!

Pengalaman 3 hari 2 malam yang diisi dengan beragam perasaan yang membaur jadi satu dan membuatnya makin patut untuk aku kenang.. Mungkin orang lain akan sulit untuk ikut merasakannya tetapi aku benar2 menikmati setiap waktu yang kulewatkan di Sempu tepatnya di Segara Anakan.. Semua pengalaman mengesankan itu  tidak akan aku dapat kalau sebelumnya aku mengikuti emosi untuk membatalkan niatku untuk pergi hanya karena ada kejadian kecil yang menurutku tak sesuai dengan harapanku..

Awalnya memang semua aku putuskan sendiri dengan ‘bondo nekat’. Aku bukan orang yang bisa nyaman berada di sebuah tempat baru, di mana aku tak kenal siapa-siapa di sana. Aku selalu merasa sulit untuk memulai tapi bila sudah kenal, aku nggerasa nyaman, aku bisa menunjukkan the real me hahaha..

Jadi begini.. Aku diberi tahu salah satu anggota panitia camp kalo Matrapala ngadain camp ke Pulau Sempu di 12-14 Oktober 2007, libur Lebaran abis UTS selesai. Aku kepengen bisa pergi bareng BPH koor Camp 514 karna waktu itu aku pikir mungkin bisa lebih akrab pas kerja camp. Tapi mereka pada ga bisa, jadi ya ciut dah nyaliku.. Anggota panitia itu juga baru aja aku tahu and terlalu sebentar untuk bisa kupercaya dan masuk kriteria ‘kenal’ menurutku.

Tapi finally aku putusin ikut karena udah lama aku liburan ga kmana-mana, udah bosen di rumah, udah pengen banget liat pantai karena rencana ke Pantai Lombeng di Madura sebelumnya batal.. Trus pas cerita ke Papa, eh belum minta ijin, carrier udah langsung dikasih.. Sebenernya ada beberapa plan laen, mau ikut temenku ke Bali and ikutan retret pemuda di gereja Mama. Tapi ijin ngga langsung dari Papa tadi nguatin nekat ku ke Sempu.. ^^

Setelah denger ttg acara Matra itu, aku emang cerita ama temen deketku pas telepon. Aku udah cari tau ttg Pulau Sempu di internet dan semuanya bilang Sempu itu ‘The Beach’nya Indonesia. Jadi di bayanganku itu tempat keren banget and aku cerita ke dia. Dan aku ga nyangka kalo dia juga ikut. Aku tau juga setelah aku putusin daftar terus tanya apa dia ikut, eh ternyata dia juga udah daftar hehehe.. Ngerasa jadi jauh lebih tenang karena berarti aku ga bener2 sendirian karna ada dia. Jadinya kita buat sebuah kesepakatan deh setelah tau sama2 ikut ^^

Namanya juga daftar di detik terakhir, besoknya ada pembagian kelompok yang aku tau dr temenku. Dan hal bodoh yg terjadi setelah aku tau aku berada di sebuah kelompok yg gada yg takenal sama sekali, wiii nyaliku jauh lebih ciut dr sebelumnya. Emang si ngga sampe yg terus boikot ga mau ikut, tapi langsung males gt.. Excited yang udah terbangun jadi runtuh seketika.. Brol.. Bete banget.. Udah kena seminggu begadang, UTS susah, trus dimasukin di kelompok yg gada yg kukenal.

Aku kasih tau temenku itu kl aku jadi males ikutan.. Selanjutnya yg terjadi adalah aku dimarahin. Aku nyadar kalo aku emang udah mbencekno bgt pasti waktu itu haha.. Maap ya.. Tapi yg dia bilang emang bener. Aku udah konyol banget.. Kesepakatan juga udah dibuat.. Stelah aku nenangin diri baru aku isa mikir lebih jernih dan sebenere ngga perlu stress jg toh udah daftar mosok ‘tecik’ ga brani brgkt? Kan niat awal pengen liat pantai.. Lagian di sana kan ga selalu di kelompok itu.. Toh selama ini terbukti byk kejadian yg awalnya aku takut, tapi always isa menikmati and happy ending hehe.. Ya omelan yg menenangkan pada akhirnya..

Oya, benere aku sempet hampir ngeper lagi, karena Mama ga suka aku ke Sempu ikutan camping gini. Wah aku paling ga brani macem2 ama omongan Mama. Tapi feelingku gpp tuh, tarasa2in tapi feeling ga enak itu jg ga keluar hehe.. Biasae kan kluar.. Trus mendadak temenku itu juga ga dibolehin pegi karena ada bad feeling gt deh waduh.. malah jd takut ak hehehe.. tapi kita doa n serahin ke Tuhan ama janji jaga diri baek2.. And emang baek2 aja kok semuanya hehe..

Siap2 deh.. Inisiatif nyari ketuaku Ko Tung2 yg cerewet haha.. Trus sehari sebelum brgkt kita sama2 ngumpul sekelompok, ada Lilan, CikLit, Dian, Purwanto. Keliling ke tempat2 yg jual peralatan pecinta alam gt deh.. Mulai dari Bratang ampe Pusat Grosir Sby di Pasar Turi haha.. Beli apa ae ya? Kompor lapangan, nesting, matras, parafin, macem2 pokokE. Ternyata ga murah juga hehe.. Besok paginya siap2 packing seisanya di rumah. Susah ternyata ngisi tas segede itu.

Ga perna kebayang sebelume aku harus nggendong carrier seberat itu ke sebuah pulau yg jauh dr peradaban alias ga ada penerangan, gada kamar mandi, and gada rumah penduduk!! Aku suka pake ransel tapi kl berat ky gt ya ga keren haha.. Ya ampun, badanku ampe ketarik mau jatuh ke belakang, jadi harus aga mbungkuk biar imbang. Abis isine aer 6 liter ++! Plus 4 baterai senter tuh jg berat..N barang2 yg isa tetep buat kita tetep ‘hidup’ selama 3 hari 2 malem di sono..

Ternyata malem, jam 9an ampe kampus, ditata lagi, ditambahin barang kelompok kan, ketambah nesting isi beras ama telor punya kelompoknya Alun.. Abis kasian carriernya udah obesitas hahaha.. Ya gpp, masih ada space di carrierku.. Jadilah sangat berat. Iih hebat juga aku isa gendong ‘ransel’ seberat itu hahaha.. (memberi penghargaan buat badanku yg udah lama ga pernah excercise =P) Oya ama sbelum lupa, salut juga buat Bram, meski kurus tapi bawa ransel yg sebegitu berat tanpa ngeluh.. Two tumbs deh..

Jam 11 malem berangkat, duduk nemeni Lilan di bis, ga PeWe, laper, ga bisa bo2 pdhl ngantuk, sempet dongkol, and jam stgh 4an mungkin sampe di Sendang Biru. Finally get out from that bus hehe.. Sempet ada kjadian mengagetkan yg kurang menyenangkanku tapi udah deh.. Trus bo2 bentar di rumah nelayan, ngumpulin tenaga biar bisa kuat angkat carrier ama tracking sekitar 2 jam setelah sampe si Pulau Sempu. Stelah matahari muncul ‘ting!’ haha.. Ke warung maem!! Maem mi ama anak2 skalian kenal lagi ke anak2 dari klompok laen, ada Dany, aSep..

Trus gendong carrier, jalan ke Pantai Sendang Biru! Wiiiii.. Aku bener2 seneng banget, pantai waktu pagi apik pol.. And finally aku liat pantai haha.. Naek kapal motor gt deh buat nyebrang ke Pulau Sempu. Sekitar 10-15 menit, trus kan ga isa sampe ke bibir pantai, jadi harus jalan di aer, bawa carrier plus 5 liter aer yg ada di jerigen! Aernya dingiiin.. Maklum aku pendek, jadi sepaha gt deh basah haha.. Percuma celana ditekuk ampe lutut.. Ketemu banyak ubur2, jelly fish kaya di Spongebob gt cuma warnae putih bening bukan pink hahaha..

Sesampainya di pantai Sempu, ganti sepatu trus dimulailah tracking.. Yuhuu.. welcome to the jungle.. Aku udah sering hash, jadi dah ga kaget hicking gt tapi hash nggendong carrier ama bawa jerigen ini lho yg ga pernah.. Buerat bgt, krasa lama banget kok ga nyampe2, napas udah meh abis rasae, tangan merah karena bawa jerigen, keringet ngalir tanpa bisa dilap lagi, baju basah kuyup, ampe jalan ama doa minta dijadiin Power Puff Girl hahaha.. Sering banget brenti buat mbebasin diri dari beban carrier tapi juga ga boleh minum byk ntar tambah capek. Aku ga mau ngeluarin keluhan, jadi mikir “ayo BeBe isa..Dikit lg nyampe..”

Setelah jalan hampir 2 jam mungkin, sampelah di Segara Anakan yg keren itu! Bener2 keren!! Terbayar deh rasanya capek itu..

Sempu 1

Senangnya hatiku.. Hamparan pasir putih, air laut biru kehijauan sebagian kehitaman karena terumbu, dikelilingi karang tinggi, panasnya sinar matahari, bunyi ombak yg menyapa pantai, ada karang yg lubang jadi ganasnya ombak dari Samudra Indonesia membentur karang itu sebelum bisa mencapai Segara Anakan.. What a wonderful scenery!! Tuhan emang luar biasa isa ciptain yg segitu indah. Pengen nyebur ke ‘danau air asin’ itu tapi teriknya matahari mengurungkan niat haha.. Jadinya istirahat dulu kan capek banget..

Dimulailah bermacem2 kegiatan di sono.. Mulai dari upacara pembukaan, ada materi cara baca kompas, ada kompas malam, ada materi KSR tentang pertolongan pertama kalo luka, trus materi survival, diajarin juga gimana buat bara api.. Tapi ada praktek juga tentunya.. Seru sih karena belom pernah dapet yg begituan sebelumnya hehehe..

Sempu 3

Trus pas malem ‘pertama’ adalah moment paling cool paling seru paling berkesan.. Jangan ngiri ya hehehe.. Malem itu aku putusin menuruti keinginanku yg aga ga masuk akal yg udah kependem lama.. Tiduran di pasir pantai. Sebelum putusin brkt ke Sempu, Bram uda bilang kalo liat bintang di pantai itu uapik bgt and aku kpgn liat bintang jatuh. Pas malem itu ada banyak bintang, jadinya aku gelar kain bali and tidur ngeliat ke atas ke langit malam.. God is awesome!! Ada ribuan bintang di langit yg gelap itu, kelap kelip, ada yg cahayanya terang ada yg biasa aja, ditambah angin pantai yg dingin, and suara ombak di malem hari, dan pasir pantai di mana-mana hehehe.. Bener bgt omongan Bram kalo liat bintang di langit itu luar biasa.. Dan yang lebih hebat, aku bener2 melihat bintang jatuh akhirnya!! N aku ‘ga sendirian’ waktu itu hehe.. =P Aku masih inget banget, bintang itu ada di sisi kanan trus tiba2 dengan cepet jatuh ke arah kanan and ngilang.. Aku langsung make a wish!! Rahasia donk..^^ Aku sueneng bgt karena tercapai yg aku pengenin.. Um.. So sweet pokokE.. Trus malem itu aku juga ‘starone-an’ ama Bram, and cerita byk ama Ko Tung, aSep, Dany, Lilan, Dian, Oliver, ama aLun.. Ada sesi curhat and pertanyaan yg harus dijawab. Semua jadi lebih ngenal deket gt deh.. Trus angin malem mbuat kita laper hehe.. Jadi nitil2 ubi bakar.. Enak manis tapi panas banget hahaha.. Aku jadi cuman minta dr punya Bram haha.. Panas bgt soale kalo megang..

Stelah itu semua mutusin untuk ga tidur di tenda tapi tidur di luar! Di samping tenda jadi kita ambil matras trus digelar deh di pasir.. Ngeliat bintang beneran sampe tertidur.. Tanpa bantal guling selimut haha.. Kerasa banget dingin nya.. Waktu pagi buka mata, langit mendung.. Yang laen pada blum bgn, pantai surut ternyata, pas ak masih tiduran tau2 gerimis, ujan! Wah semua langsung pada bgn, ambil matras masing2 and masuk ke tenda tanpa suara! Hahaha.. Lucu bgt, tp emang ujan deres beneran.. Aku ama Lilan ga bisa tdr lagi jadi kita bersih2, ujan reda, kita keluar unt sikat gigi, cimuka, dll.. Trus maenan di pantai smntr yg laen pada masih tdr di tenda. Perlahan pantai mulai pasang pelan2 jadi nyusurin pantai, buat tulisan nama di pasir, foto2 hehehe.. Damai bgt.. Ini baru liburan..^^

Hari kedua ga gt mengasyikkan entah kenapa rasanya aku agak2 sepo.. Padahal hari pertama kmrn aku sempet ga enak badan pdhl kpengen maen gobag sodor, engkle jadi ga brani aku hehe.. Akhirnya maen domikado yg kalah dihukum Ko Tung loncat kaya sailormoon, Bram ngasi hukuman lompat kodok 5 x..

Oh iya ada pengalaman lucu lagi dari Sempu.. Untuk makan kan kita harus masak bahan2 yg kita bawa, nah pas pertama kali masak untuk makan malem, kita bagi tugas masak. Trus malem itu kita maem beras!! Hahaha.. Bukan nasi.. Karna kita ngga diajarin cara masaknya pake korlap, pake nesting, takerannya kita lho ga tau. Ampe kasian kelompoknya Bisma, Hans, Junior, dkk karena mereka yg tau2 kebagian masak beras. Aduh bersyukur bgt deh bisa makan nasi karena makan beras ngga enak dan bikin eneg karena ga bisa ditelen.. Jangan coba2 ya!! Hahaha.. Jadi malem itu smua maemnya diem.. karena berusaha makan dgn usaha xtra supaya ngga ‘keluar’.

Wes2.. Lucu banget tapi trus besoknya kita udah bisa ahli memasak nasi dengan nesting, korlap, parafin. Resepnya adalah: masukin beras and takeran air ya kaya biasa,1,5 tinggi jari tlunjuk, trus yg special adalah parafinnya!! Pertama pake 1 parafin. Kl udah abis, masukin setengah, abis, trus seperempat, and seperempat lagi.. Gt lho.. hahaha..

Oh iya, pas masak, kita kompak bgt, ditemenin ama udang kecil2 yg loncat2 trus sesekali renang di nesting kita hahaha.. Ebi gt wes.. Trus ga lama semua jd punya job des ndiri2 kalo masak.. Dany kebagian ngedug pasir buat ngelindungi korlap and parafin dari angin.. Hahaha.. Jago deh Dany kalo yg berhubungan ama pasir.. Trus Lilan kebagian mbagi makanan that’s why I called her Ai Kantin hahaha.. Keibuan bgt soalnya.. Trus selesai maem, semua pada nyuci di pantai.

Yg lucu lagi pas malem kedua, kita putusin untuk pesta pora hahaha..menghabiskan jatah makanan biar ga berat gt bawaan pas balik. Semua kalengan yg dibawa klompok Alun dimasak. Klompok laen pada nyumbangin telur, aku kebagian masak nasi ampe brapa nesting ya? 4 apa 5 ya? Yg pasti semua bersedia ngabisin jadi ya pesta..hehehe.. Trus pas nyuci kan di pantai. But ga pake sabun.. Ga boleh merusak alam Sempu. Kan di sana gada penerangan selain senter yg kita punya, jadi kalo nyuci pasti sepasang. Ada yg megangin senter smentara yg laen nyuci. Jadi yg nyenteri mesti ngeliatin laut terus. Begitu keliat ubur2 mendekat, semua pada lari balik ke pantai hahaha.. Ga mau dicium ubur2 lah ya.. Sempet ada ubur2 yg ditangkep trus ditaruh di api unggun, emm tapi ga tau bentuknya jd ky gimana stelah ‘mateng’? hehe.. Nyala loh kalo malem, biru2 keunguan gt di pantai..

Hari ketiga pagi, semua pada renang di Segara Anakan.. Itu pertama kalinya aku renang di air laut.. Asin bgt!! Ga nyangka.. Kalo ada telur setengah mateng mungkin lebih enak hahaha.. Duuingin bukan maen! Ampe gemeteran di dalem aer.. Tapi aku masih bisa nyentuh dasarnya jadi jalan ampe ke deket karang bolong. Aku pinjem kacamata renangnya Bram trus nyoba renang bentar. Kaget bgt waktu tiba2 dimendelepin ke aer ama Vero.. Wuih udah dr SMP ga pernah renang, skrg renang di laut, ga siap, pake softlens, ga pake kcmata renang, eh diceburin nih kepala.. Untung ga parno karena dasarnya masih keinjek hehe.. Tapi seru abis.. Semua rela terbakar and gemeteran kedinginan. Trus lempar2an pasir basah gt.. Yek.. Hahaha.. Sakit juga ternyata trus susah kalo udah belepotan, dimana2 pasir.. Trus ada acara ngubur si Keong Mas.. Knapa aSep ya? Karena kmrn dia nyeburin anak2 gt pas nyantai2 di pinggir pantai.. Jd pembalasan dendam. Kasian ampe mateng gt rasane hahaha..

 Sempu 4

Ya pas pulang, rasanya waktu berjalan cepet.. Bawaan udah enteng jadi jalan terasa ga membebani, and semua udah kepengen mandi hahaha.. 3 hari tanpa mandi! Semua wes rindu kamar mandi hehehe.. Ya stelah ngisi perut dengan maem mi and merasakan segernya es campur pantai, kita cabut dr Sendang Biru unt balik ke surabaya skitar jam 6 malem..

Di bis, sebelahan ama Bram, kita cerita and review kejadian2 di Sempu tadi hehe.. Untung lah ikut berangkat and kekhawatiran mama2 kita ga terbukti..^^ Luv you Mum..

Thanks God bgt setelah pulang, aku jadi kenal banyak banget temen2 hebat.. Kita berberapa sih sebenernya? Yg pasti keliat ada 9 member dari 20.20. Kenapa 20.20 yg dijadiin nama? Itu usulan aSep karena waktu itu nggak sengaja pas di Sempu lagi ngumpul trus ngeliat jam, waktu nunjukin pukul 20.20 hahaha.. Smua dgn keunikan dan kelucuan dewe2.. Aku ga sangka setiap orang yg ikut dgn alasennya masing2 untuk ngisi liburan, pulang jadi kompak and berteman baik sekarang..

Sempu 5

Sempu.. jadi ingin kembali ke sana untuk melihat bintang, karang, air pantai, dan lumba2 yg belom kesampaian hahaha.. Aku rela kulitku jd gosong dan kakiku penuh dgn bekas luka tapi aku dapet semua pemandangan indah, pengalaman baru, and temen2 yg luar biasa.. Apa jadinya kalo waktu itu aku ga dimarahin Bram trus tetep ga berangkat ya?? Hahaha.. ^^ Miss you Sempu..

 

 

6 Comments (+add yours?)

  1. bram
    Dec 22, 2010 @ 10:02:29

    wah..cerita masa lalu..hahahaha..siiip2..seakan kembali ke masa itu..hahahahahahak..ni ta sempatin lo buat baca blogmu..=p..tp ta baca yang “ta anggep” menarik aja..=p

    Reply

  2. backpacker
    Jun 02, 2010 @ 21:24:28

    anda beruntung ke pulau sempu pada saat cuaca cerah atau musim kemarau, coba kalau anda ingin menikmati tantangan yang lebih ekstrem adalah pada saat akhir musim hujan menuju kemarau, saya yakin anda tidak akan sanggup ke sana karena apa? rute nya sangat rumit, becek, licin, penuh duri dan bisa memakan waktu tempuh 4 jam! mau mencoba kembali?

    Reply

  3. BeBe Gunawan
    Dec 20, 2008 @ 11:16:25

    Farrel: Yup, exactly right! Kalo inget2 selalu pengen balik ke sana hehe..

    Reply

  4. Farrel
    Dec 20, 2008 @ 10:44:13

    Ni sempu yang di Malang itu khan…?
    saya pernah kesana. Emang asyik sich…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

www.widiantigunawan.wordpress.com
%d bloggers like this: