Kata Pengantar Laporan MKN

Satu-satunya bagian yang paling aku suka dari pembuatan sebuah laporan adalah bagian “Kata Pengantar”. Bagian itu paling berbeda dari yang lain. Bahasa yang digunakan tidak perlu sekaku dalam penulisan isi laporan. Kata Pengantar juga dapat menjadi jendela kecil untuk melihat ke dalam hati si pembuat laporan itu selama proses pembuatan laporan.

Entah mengapa, terlintas ide untuk memposting Kata Pengatar dari Laporan Akhir Magang Kerja Nyata yang beberapa saat lalu melewati proses penjilidan hardcover. Mungkin saja tak penting, tapi paling tidak nama-nama yang tercantum di sana bisa mengetahui bahwa aku berterimakasih kepada mereka. Biasanya Kata Pengantar dianggap tidak penting dan hanya menjadi selipan di antara jilidan tebal berkas laporan, yang tertata rapi di rak perpustakaan. Lalu untuk apa nama-nama itu kutulis bila ternyata ucapan terima kasihku tidak tersampaikan? =P

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah memberikan sebuah kesempatan indah kepada penulis untuk dapat pergi ke Jakarta dan melaksanakan Magang Kerja Nyata di PT. Shell Indonesia. Sebuah kesempatan yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, setelah semua ketidakpastian yang membayangi, mempertaruhkan satu semester kuliah, proses wawancara panjang dalam bahasa Inggris, sampai akhirnya jawaban “diterima” diberikan oleh PT. Shell Indonesia.

Usaha, biaya, resiko dan pola hidup memang jauh lebih berat ketika memutuskan keluar dari zona nyaman di Surabaya, namun pengalaman, kesempatan, rekanan dan pelajaran hidup baru yang diperoleh juga setimpal. Masih tersisa hitungan waktu tiga bulan hingga magang di PT. Shell Indonesia ini resmi berakhir. Namun ketika menoleh sejenak ke belakang, sejak rencana MKN ini didengungkan sampai dengan laporan ini selesai dibuat, hanya ungkapan syukur yang dapat terangkaikan. Berikan kesempatan bagi penulis untuk berterima kasih sebesar-sebarnya kepada:

  • 1. Bapaku, Sahabat Sejatiku, Penolongku, Sumber Kuatku, Penghiburku, Pelindungku, dan My One and Only God.
  • 2. Papi, Mami, Cing dan Koko untuk dukungan, hiburan, perhatian, kerinduan dan doa yang memampukan penulis bertahan di Ibukota dan menyadari indahnya arti sebuah kata “keluarga”.
  • 3. Yuli Nugraheni S.Sos., M.Si. selaku Dosen Pembimbing MKN yang telah dengan sabar dan sangat bersahabat kepada penulis selama proses MKN ini berjalan.
  • 4. Fathia Syarif, Sri Endah dan Dina Setianto yang tak pernah lelah memberikan arahan tugas dalam keseharian CX PT. Shell Indonesia serta yang telah begitu menghargai keberadaan dan pekerjaan penulis selama proses belajar MKN.
  • 5. Mavis Kuek untuk kebijakan yang diberikan sehingga penulis memperoleh kesempatan magang di CX PT. Shell Indonesia dan juga yang telah menyadari kelebihan dari seorang mahasiswa.
  • 6. Ayu Gunantari, Edit Wahyuningtyas, Gemarani Harsari, dan Dony Abdul Chalid yang telah menjadi sahabat di kantor sekaligus kakak bagi penulis selama bertahan hidup di Jakarta.
  • 7. Titi Nur Vidyarini selaku Koordinator MKN untuk kemudahan dan toleransi yang telah diberikan.
  • 8. Kwek, seorang sahabat yang tak pernah lelah mendengar keluh kesah penulis, membuktikan diri sebagai pendengar yang baik, tak ragu memberi teguran, dan selalu mendukung dalam doa.
  • 9. Seseorang yang pernah berpesan untuk tidak takut dan ‘terus berusaha membanggakan semua orang yang menyayangi dan memilikimu’.
  • 10. Gloria Lady Leony, Nita Triwahyuningsih, Veravinna Handoko, dan semua teman lain yang telah membuktikan pada dunia sebagai wanita super, terima kasih untuk waktu, dukungan nyata, dan setiap kenangan akhir minggu di Jakarta.

Ucapan terima kasih memang telah diberikan untuk nama-nama di atas tetapi rasa terima kasih akan tetap meluap dari hati untuk semua pihak yang telah hadir dalam secuil kisah hidup penulis selama pelaksanaan MKN. Semua yang telah mendukung, mendoakan, dan telah membantu penulis dalam sekecil apapun bagian itu, rasa terima kasih ini penulis persembahkan.

 

Jakarta, 5 Desember 2008

 

Penulis

 

Hm.. Mungkin isinya tak begitu penting, tapi post ini hanya untuk mengingatkan kembali kepada setiap pembaca akan proses pembuatan kata pengantar dari laporan apapun yang pernah kalian buat. Apakah kata pengantar kalian memang menjadi jendela kecil dari hati atau hanya formalitas pelengkap bab laporan? Anyway, itulah Kata Pengantar Laporan Akhir magang keduaku. Last but not least, untuk nama-nama yang tercantum di sana, terima kasih sekali lagi kusampaikan..

Jakarta – 141208 – 10:29PM

11 Comments (+add yours?)

  1. bram
    Dec 22, 2010 @ 10:23:20

    di angka yang aku suka..=))..like it..=D

    Reply

  2. AnDy
    Dec 16, 2008 @ 22:30:05

    Tahu nda, ternyata tidak semua karya tulis atau buku mempunyai KATA PENGANTAR lho..?

    Reply

  3. Farrel
    Dec 16, 2008 @ 16:18:59

    Setiap buku yang diterbitkan pun biasanya pake kata pengantar. Jadi, kata pengantar itu perlu…

    Reply

  4. evelynpy
    Dec 15, 2008 @ 17:53:48

    Mana be namaku kok nggak ada di kata pengantar mu?
    Hahahahaha buset sampe segitunya di posting segala di blog hehehehe

    Reply

  5. sash
    Dec 15, 2008 @ 15:34:58

    hi,
    im somehow found your blog,,
    sorry, tapi aku baca dan WOW,, indahhhh banget!!!

    walau kita belum kenal,, tapi perjuangan kamu rasanya,,,HEBAT!!!!
    hahah ^^
    giiirrrllll poweer!!!!

    smangat terus ya ^^

    Reply

    • BeBe Gunawan
      Dec 15, 2008 @ 20:56:25

      Hi, Sash! Dont know why, somehow I do like your comment hehe.. Although we never recognize each other yet, as you said so haha.. Anyway, thanks a lot ya.. Just want my life becomes meaningful.. Nice to know you.. You could visit my blog anytime ya..

      Reply

  6. alexandraadyta
    Dec 14, 2008 @ 22:52:21

    setuju! kata pengantar adalah bagian yang sip dalam keseluruhan bagian tulisan makalah apapun. hahaha..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

www.widiantigunawan.wordpress.com
%d bloggers like this: