Shell Scholarship Days 2008

© BeBe – Surabaya – 291108

 

Lega dan bersyukur.. Itulah yang aku rasakan setelah serangkaian acara Shell Scholarship Days 2008 diselenggarakan. Persiapan sekitar kurang dari dua bulan serasa terbayar setelah peserta dapat kembali pulang ke daerah masing-masing dan LO tercinta juga kembali kepada kesibukan masing-masing. Ada banyak hal yang aku lihat dan pelajari dari event ini. Event di mana aku menjadi merasa dihargai karena diberi kepercayaan untuk membantu mengatur acara besar ini.

 

Luck is a Mystery of Life

ssd1

Dari empat universitas yaitu UI, ITB, ITS, dan UGM hanya terpilih 10 mahasiswa dari setiap universitas untuk mendapatkan beasiswa ini. Mereka mungkin kurang beruntung dalam kehidupan sehari-hari, tetapi mereka sangat beruntung bisa mendapatkan beasiswa hingga mereka lulus kuliah dan siap menapaki jenjang kehidupan selanjutnya. Dari begitu banyak mahasiswa yang ada di tiap universitas hanya 10 orang ini yang mendapat beasiswa dari perusahaan tempatku magang. Aku kembali bertanya pada diriku, apa arti kuliah buatku? Keadaan keluargaku memang tidak berlebih tetapi biaya untuk kuliah memang sudah dipersiapkan, dan thanks God selama ini orangtuaku masih dapat tetap membiayai aku kuliah dan juga tinggal di Jakarta saat ini. Tetapi ketika bisa mendapatkan sesuatu dengan mudah terkadang hal itu justru membuat manusia terlena. Ketika kuliah mulai terasa menjenuhkan, pilihan untuk membolos atau jadi asal-asalan mengikuti kelas bisa datang dengan mudah. Namun bila berkuliah harus dengan susah payah, padahal kau ingin kuliah dengan harapan masa depan yang lebih baik, kau punya kepandaian untuk bisa bersaing dengan mahasiswa pandai lainnya, hanya biaya kuliah yang besar membuat semua itu mustahil untuk diraih, semua bisa jadi berbeda. Tetapi yang aku pelajari, Difficult YES, Impossible NO!! Aku lihat dari para penerima beasiswa ini, teman-teman baruku, mereka berusaha meraih itu dan beasiswa itu memang berhak mereka dapatkan. Aku pun diingatkan kembali untuk memperbaiki diri dan lebih menghargai setiap detik masa kuliahku. Aku sadar betul biaya kuliah tidak murah, jadi bila memang tidak niat kuliah, jangan habiskan uang orang tua untuk kuliah. Prinsip itu sudah kupegang sejak kuputuskan aku akan tetap kuliah. Tapi mungkin arti kuliah untukku selama ini tidak sedalam arti kuliah bagi mereka yang mendapatkannya dengan perjuangan lebih. Teman-teman baruku, nikmatilah dan teruslah menghargai sisa waktumu di kuliah dengan beasiswa yang kau dapat. Tunjukkan pada dunia bahwa kau memang pantas mendapatkannya. Dan bersainglah dengan manusia lain setelah tiba waktunya. Keberuntungan yang kau peroleh tak datang pada setiap manusia di dunia ini, teman..

 

Think about the Future

ssd2

Acara Shell Scholarship Days 2008 juga mengundang Emil Salim dan Anies Baswedan bersama dengan CEO Shell Indonesia, Darwin Silalahi. Mereka orang-orang hebat yang bukan hanya menjadi teladan tetapi membekali para mahasiswa untuk menata langkah menjawab tantangan dunia di depan. Apa yang akan kau lakukan 20 tahun lagi? Bisakah kau membuat CV diri untuk 20 mendatang? Pak Darwin Silalahi membagi kisah dirinya, 23 tahun yang lalu, beliau baru lulus dari bangku kuliah. Berarti 23 tahun setelah lulus kuliah, beliau berhasil menjadi seorang CEO dari perusahaan minyak multinasional. Sangat inspiratif buatku. Apa yang akan terjadi padaku 20 tahun mendatang? Apakah sudah bisa kumiliki flower plantationku? Apakah aku masih tinggal di Indonesia atau pindah ke luar negeri? Bagaimana keluargaku? Hahaha.. Dan akan jadi apa kau 20 tahun lagi, teman? Bermimpilah dari sekarang..

ssd3

Support is the Energy

Mengerjakan acara ini bukan hal mudah untukku. Meski sudah punya pengalaman bermacam organisasi, tapi managerku sempat bilang dengan gaya bercanda, acara ini bisa dibilang sebagai assessment buatku. Pressure cukup berat, terlebih waktu bersamaan dengan jadwal ujian internshipku. Bukan hanya fokus pada tugas tapi juga beradaptasi dengan karakter berbagai orang yang aku harus bersinggungan langsung. Terkadang penyesuaian itu lebih menekan daripada tugas dan detailnya. Namun, aku di-back up oleh teman-teman baikku yang kuusulkan menjadi LO dan diterima oleh managerku. Awalnya sempat takut dengan hasil kerja mereka karena bisa dibilang agak mempertaruhkan namaku yang mengusulkannya. 3 teman baikku dan 1 orang teman baru yang seakan seperti teman lamaku meski baru 2 minggu sebelumnya berkenalan. Mungkin karena aku cukup dekat dengan kakaknya. Mereka ada di sana selama acara itu, mendengarkan curhat dan juga bisa aku percaya membantu mencari jalan keluar saat halangan tak terduga muncul. Acara ini hanya dikerjakan oleh 4 orang panitia dari Shell. Oleh karena itu bantuan 4 orang LO itu sangat membantu. Seperti yang managerku katakan di farewell, chemistry itu sangat terasa. Ya! Mereka seakan punya peranan masing-masing yang saling terbagi dan mendukung kebutuhan acara ini. Aku bersyukur untuk keempat orang LOku tercinta ini. Vera, Nita, Khiko, and Boi. Thanks a lot untuk support nyata kalian. Hope this is not the last project that we do together.. We were great, guys!!

 

Acara ini mungkin telah selesai. Bagi peserta yang membaca tulisanku ini, aku memohon maaf bila terdapat kekurangan dari teknis acara, tetapi jauh lebih bijaksana bila tak hanya melihat kekurangan dan mencelanya. Jauh lebih penting, menyadari apa yang kalian bawa pulang dari Shell Scholarship Days 2008 ini? Kalian punya kenalan lebih banyak lagi sekarang. Wawasan pun bertambah dengan pengetahuan yang tak semua orang bisa mendapatkannya. Semakin besar arti kuliah untuk setiap kalian. Tetaplah jadi diri apa adanya dan berubahlah untuk kebaikkan. Semoga kalian pun tetap mencintai hidup yang telah dianugerahi beasiswa istimewa ini. Beasiswa ini harus bisa menjadi ‘sesuatu’ untuk hidup kalian kelak. Buktikan pada dunia 20 tahun yang akan datang, apa yang dapat kalian berikan bagi negara ini..

7 Comments (+add yours?)

  1. dioputrapratama
    Oct 17, 2011 @ 15:56:32

    gimana caranya mau ikutan magang di shell ?
    infonya please …. ke email dio1612@yahoo.com, semoga ada yang berbaik hati membalas

    Reply

  2. amma
    May 01, 2009 @ 06:03:13

    sedikit nimbrung, ikutan curhat ya!!!

    ada satu hal yang mau kami utarakan, berkaitan dengan berakhirnya scholarship day 2008.
    kami kagum dengan PT shell scholarship, entah keyakinan yang bagaimana mengenai social investment yang Ia harapkan, yang jelas apabila di ukur dari keuntungan secara kasat mata tentulah jauh. SDM yang Ia berdayakan belum tentu memberikan sumbangsih kedepan untuk dirinya.

    namun yang muncul dari dalam hati kami sangat simple, kami berharap beasiswa shell tetap exist dari satu generasi-ke generasi berikutnya. dan ada tidaknya beasiswa ini itu tergantung pada prospek Shell Indonesia dimasa depan. itulah yang mungkin menjadi tuntutan bagi kami untuk kedepannya, walaupun kami tidak harus masuk ke coorporation tersebut. itukah social investment ?????

    Hai Amma! Secara, aku hanya pernah sementara di sana, dan bertepatan dengan event Shell Scholarship lalu, mungkin aku tidak berkompeten untuk jawab terlalu jauh hehe.. tp aku hanya mengutarakan ada yg ada di benak. Social Investment merupakan tanggung jawab sosial perusahaan, semua perusahaan melakukan dan mengemasnya dlm program yang bermacam-macam bentuknya. Akan tetapi konsep awalnya sama, untuk memberikan sesuatu bagi masyarakat dan bisa saja kembali ke perusahaan meski dalam waktu jangka panjang dan bentuknya tak harus berupa keuntungan materi. Begitu pula dengan Shell Scholarship ini, Shell pun tak mengikat untuk kontrak kerja ataupun kewajiban lain bagi penerima, selain ‘kesadaran’ untuk ‘mensyukuri’nya dengan sekolah yang baik. Dengan harapan di kemudian hari makin banyak generasi penerus bangsa yang berkualitas untuk memajukan bangsa ini. Begitu kurang lebih menurut pendapatku dari ilmu yang aku dapat di kampus, dan kenyataan yang aku temukan ketika magang di Shell.
    Anyway, Thanks for coming Amma..

    Reply

  3. tina
    Dec 16, 2008 @ 10:20:31

    Yap…im feeling so lucky being part of SSD… It was so GREAT!! especially,, for Mr. Anies Baswedan’s speech,,,what a very inspiring speech ^^V

    Reply

  4. BeBe Gunawan
    Dec 15, 2008 @ 21:30:37

    Ibnu Affan: Hi.. Datang juga peserta SSD hehe.. STUJU!! ditunggu continue nya yah..

    Reply

  5. Ibnu Affan
    Dec 15, 2008 @ 21:14:08

    Hidup adalah sebuah pilihan, namun yang terpenting bagaimana kita selalu mensyukuri pilihan kita itu Mas….

    to be continued

    Reply

  6. BeBe Gunawan
    Dec 07, 2008 @ 00:25:09

    Iya Ndy.. FYI, quote itu adalah brand manifesto company tempatku magang yang kita perkenalkan ke publik.
    Thanks, sering-sering mampir yah..

    Reply

  7. AnDy
    Dec 06, 2008 @ 23:54:24

    Dari scanning beberapa detik, kalimat ini yg bikin ak berhenti untuk menatap dan berpikir lebih dari 10 detik.

    “Difficult YES, Impossible NO!!”, menarik.. waktu ak kecil, ketika tahu pertama kali bahwa manusia bisa mendarat di bulan, ak sempet liat tuh langit dan gak habis2nya berkata dalam hati, “UNBELIEVABLE!”

    Nice quote. Semangat deh =]

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

www.widiantigunawan.wordpress.com
%d bloggers like this: