Gimana magangmu, Be?

Jakarta – 161008 – 10:31PM

Cukup banyak yang bertanya “Enak ngga magang di sana?”.. Sebenarnya menurutku enak itu relatif, ukuran ‘enak’ tiap orang bisa beda-beda, jadi aku akan ceritain aja dan silahkan dijawab enak atau enggak hehe..

 

Aku melaksanakan magang di Shell Indonesia, sebuah perusahaan minyak nomor 2 di dunia yang bergerak di upstream dan downstream. Shell adalah perusahaan Inggris yang bermarkas di Belanda. Sebenarnya sudah lama ada di Indonesia, memiliki ikatan sejarah yang sangat kuat dengan negara ini, karena sumur minyak pertamanya ditemukan di Indonesia. Saat ini memantapkan kaki khususnya di downstream business,. Mungkin yang selama ini banyak ‘ditemukan’ oleh masyarakat Indonesia: Shell adalah pabrik oli. Sangat sering persepsi itu yang muncul di kalangan teman-temanku. Sebenarnya oli atau lubricants hanya salah satu produk downstream business Shell. Sebenarnya ada pula BBM untuk berbagai jenis transportasi baik laut, udara, darat, dan industri. Dalam kurun waktu 3 tahun ini, Shell berkonsentrasi menambah SPBU atau biasa disebut retail site, untuk Jakarta dan sekitarnya. Tapi perusahaan ini menjadi perusahaan minyak asing pertama yang membuka SPBU selain Pertamina di tahun 2005. Tahun depan Surabaya akan memiliki Shell retail site juga. Akan tetapi pertumbuhan penjualan oli, baik Shell Helix untuk roda 4 maupun Advance untuk roda 2 memang sangat signifikan di Indonesia.

 

Aku magang di CX atau Communication Department. Berada di bawah divisi Media Relations & External Affair, yang berarti banyak berhubungan dengan media, press release, dsb. Selain itu ada 2 divisi lain yaitu Internal Communication yang berfungsi menyebarkan segala informasi kepada internal melalui intranet dan website internet. Divisi terakhir di CX adalah Social Investment yang menjalankan fungsi CSR tetapi kami lebih suka menyebutnya sebagai sebuah investasi bagi masyarakat, bukan bagi Shell semata. Sekalipun aku berada di bawah bimbingan Mbak Fathia di Media Relations, aku juga banyak terlibat di Social Investment membantu Mbak Endah, dan sesekali membantu menulis artikel untuk Mbak Dina.

 

Aku bisa dibilang beruntung bila dilihat dari waktu pelaksanaan magangku ini..

Di hari kedua kerja, aku sudah mengikuti meeting dengan GM External Affair Asia Pasific di Singapore melalui telecon. Lalu, gedung kantorku yang sekarang memang tak begitu bagus untuk ukuran company oil seperti Shell. Tapi teknologi IT nya yahut.. Semua karyawan mendapatkan access card untuk keluar masuk pintu kantor di setiap lantai. Total Shell menempati 5 lantai dari 10 lantai di gedung tersebut. Selain access card ada pula GI card untuk mengakses semua hardware yang ada, PC/laptop, scanner, dll. Pada minggu pertama aku menjalani proses mendapatkan PCku, sempat terjadi sedikit masalah dengan GI Card sehingga aku harus menghubungi tim IT pusat di Malaysia, speaking in English tentunya. Setiap karyawan akan mendapat sebuah personal account di IT Shell di seluruh dunia. Jadi aku juga punya alamat email dengan namaku lalu xxx@shell.com. GI card itu sifatnya sangat private, tanpa itu tak akan bisa membuka komputer masing-masing, tak bisa mengakses intranet dan personal account. Lalu setiap karyawan harus mengikuti ELIS training. Tutorial etik IT untuk mengenal dan bagaimana menggunakan IT Shell global, dan harus diselesaikan dalam 3 bulan sejak memiliki account di IT Shell. Setiap orang akan mendapatkan laptop, tetapi karena aku magang, aku mendapatkan PC. Minggu ini PCku baru diganti dengan seri terbaru, very cool!! Hehehe..

Shell Family Day

Shell Family Day

 

Di minggu kedua, Shell menyelenggarakan Shell Family Day di Sol Elite Mirabella Hotel, di Anyer, Jawa Barat. Ternyata terakhir kali acara serupa diadakan 5 tahun yang lalu! Berlibur bersama seluruh karyawan Shell Indonesia dan keluarga mereka, lebih dari 1000 orang berangkat. Aku sempat berbanana boat hehe..

 

Sabtu rombongan pulang, Senin depannya kami mengikuti CX Away Day.  Jadi di setiap department akan selalu diadakan Away Day setiap 6 bulan, yaitu 2 hari keluar dari kegiatan kantor dan melakukan mid-year review meeting, dan juga ada team building yang dilakukan bersama. Berhubung Mbak Fathia sedang hamil 8 bulan, jadi CX Away Day tidak bisa dilakukan di luar kota. Team building kali itu adalah pottery class. I’m so excited karena belum pernah merasakan membuat pottery sendiri. GM External Affair Asia Pasific, Mavis, turut hadir dalam Away Day kami. Aku membuat mug dan tempat lilin hehehe.. Kemudian esoknya, full day meeting di Dharmawangsa Hotel. Dari pukul 9 pagi – 7 malam, menjalani telecon dengan Australia, briefing and evaluation from Mavis, report dari tiap divisi, dan all were done in English!! All I heard and spoke is English! And then it closed with dinner at the hotel resto. Itu adalah sop buntut goreng termahal yang pernah aku makan, 155 ribu belum tax dan jus stawberryku hahaha.. Sepulang dari sana, aku tak menyadari bahwa taxi yang kunaiki itu mobil mercedess!! hahaha.. Aku baru sadar setelah beberapa hari berikutnya.. Parah betul aku..

I make mug and candle vase
I make mug and candle vase

 

 

Sehari-hari aku melakukan media clipping, membuat media report yang di-submit everyweek to Singapore, memeriksa press release sebelum disebar, mengkoordinasi kerja PR consultant, translating article, transcript interview President Director Shell Indonesia, dan sejenisnya. Sesuai dengan bidang kuliahku memang. Bila bepergian untuk urusan kantor, kami naik mobil kantor, atau bila full book, kami pesan Golden Bird (mobil sewaan) yang mana mobil top yang digunakan, atau mendapat voucher taxi Blue Bird Group. Bila pergi bersama dengan Manager, maka Silver Taxi yang dipesan. Silver taxi adalah taxi yang menggunakan mercedess (atau crown – silver taxi yang lama), yang kunaiki untuk pulang dari Dharmawangsa Hotel.

Pottery Class CX Away Day
Pottery Class CX Away Day

 

Di minggu keempat, aku berkesempatan diajak managerku untuk melihat jalannya photo session Country Chairmanku di salah satu SPBU Shell yang terbesar di Jakarta. Akhirnya aku bisa melihat langsung aktivitas, teknologi, dan standard HSSE di SPBU Shell itu. Oh iya, karena Mbak Fathia sedang hamil besar, maka bila pergi dengannya, aku yang menyetir CRVnya. Hm.. lumayanlah sekaligus menghilangkan kerinduan menyetir. Tapi alamak.. jalanan Jakarta mengerikan!!

 

Minggu berikutnya, Mbak Fathia harus memasuki masa cutinya sehingga aku benar-benar terjun lebih banyak di Media Relations. Menjadi traffic untuk semua hal yang berkaitan dengan media. Mbak Endah menghandle kendali keputusan Mbak Fathia. Tetapi aku mengerjakan tugas beliau. Jadi aku berada di bawah pengawasan Mbak Endah tetapi bukan hanya untuk media, melainkan semakin dilibatkan di Social Investment activity terutama yang berhubungan dengan media. Sebulan aku masuk dan mengenali lingkungan pekerjaanku, Mbak Fathia cuti selama 4 bulan. Jadi dari 6 bulanku, 1 bulan dibimbing Mbak Fathia, 4 bulan ia cuti, dan di bulan terakhirku nanti aku baru akan berjumpa lagi dengannya.

 Me and Mbak Fathia before she leave
Me and Mbak Fathia before she leave

 

Ada sebuah acara besar Shell, Pearl Project Launching akan diselenggarakan live di Trans7 tanggal 23 Oktober nanti. Aku terlibat sangat banyak di sana, memperhatikan hal yang berhubungan dengan job desc Mbak Fath di sana. Jadi bekerja sama dengan agency, Trans7, dll. Kemudian juga membantu program Social Investment dalam program Road Safety maupun Scholarship Day di bulan depan. Sangat menarik karena yang aku kerjakan tak jauh dengan kerjaku di kepanitiaan tetapi ini kerja, lebih dihargai, tak seperti di kampus yang mati-matian tetapi lebih banyak tidak dihargai.

 

Menyenangkan karena aku suka bertemu dengan banyak orang jadi aktivitasku tidak monoton. Kemudian berkoordinasi dengan PR consultant, pihak media, orang-orang penting di Shell, dll. Hal lain yang menyenangkan adalah pada saat kuliah, dosenku pernah berkata bahwa di Indonesia, pelaksanaan PR hanya sebatas technical skill. Itu dikarenakan banyak perusahaan belum merasakan pentingnya PR sehingga hanya dipandang sebelah mata. Tetapi di perusahaanku ini tidak demikian. Dengan 3 divisi yang ada di CX, tampak bahwa Shell menganggap ini penting. Dengan jumlah 8 orang di dalam CX menunjukkan bidang ini pun butuh banyak tenaga untuk menghandle tugasnya. Dengan penempatan ruangan CX yang berada selantai dengan President Director dan top manajemen lain, terlihat bahwa CX memang patut mendapat akses langsung ke Top Management Shell.

 

Tak lama lagi, kantor kami akan pindah ke gedung baru, gedung yang tertinggi di sepanjang jalan TB Simatupang, yaitu Talavera Office Park. CX akan menempati lantai 26, ckckckck.. Tetapi ada fasilitas kolam renang bagi yang berminat berenang di ketinggian hahaha..

 

Karena perusahaan asing, otomatis ada banyak foreign people yang bersliweran di kantor. Banyak yang ditugaskan dari pusat untuk bekerja di Shell Indonesia, tak terkecuali dengan beberapa orang penting. Jadi setiap kali mengirimkan email, must written in english too. Atmosfer English sangat terasa and that’s totally different with what I saw in Surabaya. Not much understand how important English skill is..

 

Satu hal lain yang sangat unik buatku dari Shell ini adalah HSSE standard. HSSE adalah Health, Safety, Security, and the Environment. Departemen ini bertugas memperhatikan keselamatan kerja karyawan Shell di masing-masing negara tempat Shell beroperasi. Bukan hanya di dalam jam kantor tetapi juga kehidupan sehari-hari. Safety riding, harus menggunakan safety belt sekalipun berada di kursi belakang (tak heran bila sangat selektif dalam memilih mobil kantor, taxi, dll). Tidak boleh menerima telepon pada saat menyetir. Bahkan ada teman yang mengatakan andai ada karyawan yang kecelakaan dan setelah ditelusuri pada saat kecelakaan ia sedang bertelepon, ia bahkan berkemungkinan dipecat! Wew.. Setiap bulan ada pertemuan HSSE bagi karyawan untuk membahas 1 topik baru seputar HSSE. Bila ingin mengadakan acara di luar kantor, gedung itu harus lolos standard yang dimiliki HSSE. Hotel juga demikian, tak heran bila hanya ada sedikit hotel yang dapat digunakan untuk keperluan kantor (biasanya akhirnya hanya hotel bintang 5 dan beberapa bintang 4). Tak hanya di Jakarta, tetapi juga di kota lain di Indonesia. HSSE sudah memiliki list. Bepergian keluar kota hanya boleh menggunakan penerbangan nomor 1 (tau kan apa itu?), taxi pun Silver atau Blue Bird. Bus yang dapat disewa adalah Big Bird. Selalu ada pelatihan HSSE. Demikian pula nanti bila pindah ke gedung baru, huhuhu.. Berarti latihan kebakaran harus by tangga darurat dari lantai 26?!?! Huhuhuhu.. Tapi unik bukan HSSE??

 

Sisi lain dari magangku ini, aku naik angkot bila ke kantor, memasak sendiri makan malamku, lunch bersama teman kantor (yang sangat mewah untuk ukuran mahasiswa sepertiku huhuhu..), nyemil karena CX tak kurang akan stok makanan, paling muda dari CX member lain, suasana team CX yang sangat hangat, sarapan favoritku ketoprak depan kantor, dan segudang cerita yang akan terus berlanjut karena magangku baru berjalan selama 2.5 bulan..

I am the youngest
I am the youngest

 

 

Aku pun baru menyadari ternyata actually untuk bisa masuk bekerja di Shell adalah sangat susah, that’s why I told you that I’m so lucky could be here. And the moment is so right because many big events done when I had been doing my internship here until February 2009. So, say no to monoton hahaha.. And I’m proud could be a member of Shell that realized how important Public Relations is..

 

So, what do you think so far? Enak atau tidak magangku di sini?? ^^

5 Comments (+add yours?)

  1. rottee
    Nov 03, 2008 @ 15:13:07

    Bebe..
    Bener2 asik, walaupun berat tuh ngejalani nya…
    Proud of u Bebe!!

    Reply

  2. BeBe Gunawan
    Oct 28, 2008 @ 21:55:12

    Yup, everything will be fun if you enjoy it, isn’t it? ^^
    Jreng jreng.. Who’s that?? I’m here.. in Jakarta.. oOw..

    Reply

  3. desi
    Oct 28, 2008 @ 14:28:27

    wow! menyenangkan ya Be🙂
    ambil banyak ilmu, banyak pengalaman ya Non
    btw, kok saya merasa liat kamu di selasar C ya kemaren?
    hmhm…sapa ya itu
    hiii…^^

    Reply

  4. BeBe Gunawan
    Oct 20, 2008 @ 10:01:49

    It means that I’m blessed here hahaha.. Thx Dan for coming to my blog..

    Reply

  5. Danie
    Oct 18, 2008 @ 01:05:42

    duh.. asik banget keknya.. meskipun susah.. tp gue yakin pasti puas bisa kerja di tempat ‘canggih’ kayak gitu.. ARGH.. MAU MAU MAU..

    tapi be..

    kamu kok gemukan ya?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

www.widiantigunawan.wordpress.com
%d bloggers like this: